in: Display - Highlights | October 4, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Bingung Pilih Monitor Gaming yang Murah? Ini yang Perlu Anda Perhatikan

Membayangkan sebuah sistem PC gaming yang dimiliki para gamer profesional pastinya kita akan langsung terbayang pada jajaran hardware yang memiliki harga menjulang. Mulai dari prosesor, graphics card, memory, SSD hingga termasuk monitor. Namun, ketika Anda hendak ingin membangun sebuah sistem PC gaming di kelas entry-level, biasanya prosesor dan graphics card akan menjadi dua perangkat hardware yang paling diperhatikan.

Dalam membangun sebuah sistem PC gaming entry-level, monitor biasanya seringkali menjadi perangkat yang tidak pernah diperhitungkan. Asalkan mampu memberikan tampilan visual yang baik dan bisa digunakan sehari-hari, jarang sekali para pengguna memperhatikan spesifikasi yang tertanam pada monitor. Padahal dalam beberapa tahun terakhir, para produsen monitor tidak hanya menawarkan monitor gaming yang ditujukan untuk kalangan profesional saja, namun juga ada beberapa monitor gaming terjangkau dan juga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya. Namun jika Anda merasa bingung memilih monitor gaming murah yang ada di pasaran saat ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pilih Monitor dengan Panel yang Sesuai Kebutuhan

Hampir tiap produsen monitor terkemuka saat ini tengah menjajakan monitor LCD dalam berbagai varian ukuran layar. Mulai 18”, 22” dan 24”. Panel yang digunakan juga cukup beragam, mulai dari panel TN (Twisted Nematic), VA (Vertical Alignment) dan IPS (In-Plane Switching). Hampir kebanyakan monitor gaming modern kelas high-end menggunakan panel VA. Hal tersebut demi mengejar response time yang jauh lebih cepat dibanding panel TN dan IPS.

Namun kebanyakan monitor gaming terjangkau yang ditawarkan para produsen saat ini menggunakan panel IPS. Keunggulan panel IPS sendiri dibanding dua panel lainnya adalah menyajikan tingkat akurasi warna yang akurat dan tidak mengalami perubahan warna gradasi saat dilihat dari sudut pandang ekstrim sekalipun. Jadi, memilih monitor murah untuk game dengan panel IPS untuk pemula pun tidak akan bermasalah, bahkan tergolong cukup memenuhi beragam kebutuhan selain game.

Tersedia Dukungan Konektor HDMI

Selain menggunakan panel IPS, beberapa monitor di kelas mid-range dan entry-level saat ini juga sudah dilengkapi dengan konektor display HDMI (High Definition Multimedia Interface). Konektor modern yang terbagi dalam dua varian ini (HDMI 1.4a dan HDMI 2.0), juga tidak hanya mudah ditemukan di perangkat monitor saja, namun juga pada graphics card, mulai dari segmen entry-level hingga high-end. Keunggulan lain dari konektor HDMI adalah tidak hanya mentransmisikan data video saja, namun juga audio (multimedia).

Terdapat Fitur Khusus untuk Game

Sadar akan tingginya minat game di industri PC membuat para produsen monitor menawarkan beragam varian fitur yang biasanya mendukung kebutuhan game. Hal umum yang biasa ditemukan di monitor mainstream biasanya berupa menu Picture Mode yang terdiri dari Custom, Cinema, Photo, Reader dan Game. Ada pula tambahan fitur khusus yang ditujukan untuk game dengan nama Black Stabilizer, contohnya seperti pada monitor game dari LG yang sedang berada di lab pengujian kami.

Monitor LG 24MK600M yang kami gunakan ini merupakan monitor mainstream milik LG, namun memiliki dukungan fitur Black Stabilizer sama seperti yang terdapat pada monitor gaming LG lainnya. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengatur black contrast pada monitor sehingga dapat menghasilkan tampilan yang lebih jelas pada adegan game yang gelap atau kurang cahaya.

Black Stabilizer, Gimmick atau Sungguhan?

Fitur Black Stabilizer yang tersedia pada monitor LG 24MK600M ini memang cukup mengesankan, apalagi harga monitor ini jauh di bawah harga monitor gaming LG yang memiliki fitur serupa. Sebagian besar dari Anda pasti penasaran, apakah fitur Black Stabilizer yang terdapat pada monitor gaming murah ini merupakan gimmick atau sungguhan. Untuk membuktikan fitur tersebut, kami melakukan beberapa pengujian dengan menjalankan game. Dan game pertama yang akan kami tunjukkan adalah salah satu game kompetitif ternama di dunia eSports, yaitu Counter Strike: Global Offensive.

Dalam melakukan pengujian di bawah ini, kami terlebih dahulu melakukan reset setting bawaan dari pabrik monitor tersebut.

CS:Go pada kondisi Blackstabilizer 50
CS:Go pada kondisi Blackstabilizer 100
Tempat sudut yang gelap menjadi terang dan jelas. Musuh yang bersembunyi pun akan langsung terlihat.

Pada gambar di atas ini merupakan kondisi dimana Blackstabilizer ditingkat 50 dan brightness 100. Jadi, proses peningkatan Blackstabilizer bukan terletak pada tingkat brightness di angka 100.

Jadi, Perhatikan Juga Dukungan Fitur Gaming-nya

Persaingan monitor gaming terjangkau di pasaran saat ini memang cukup ketat. Ada banyak varian monitor gaming yang ditawarkan, mulai dari ukuran, panel serta dukungan fitur-fiturnya. Bagi Anda yang berniat ingin membeli sebuah monitor gaming dengan harga murah, pastikan selalu untuk memeriksa spesifikasi serta dukungan fiturnya, seperti yang ditawarkan oleh LG melalui salah satu koleksi monitor mereka, LG 24MK600M.

Jadi, sudah menentukan pilihan monitor gaming yang murah? Kenapa tidak mencoba memilih monitor dari LG yang satu ini. Dengan mengusung layar berukuran 24” serta frame yang tipis di ketiga sisi (kanan, kiri dan atas) membuatnya mampu menyajikan kesan virtual yang kuat, sehingga cocok untuk digunakan di berbagai kebutuhan, baik itu menonton film dan bermain game. Apalagi dukungan fitur Black Stabilizer yang ditawarkannya, akan sangat membantu Anda saat bermain game bergenre FPS (First-Person Shooter) seperti game CS:GO.

Selain Black Stabilizer, LG 24MK600M ini juga memiliki beberapa dukungan fitur lainnya seperti AMD FreeSync dan Crosshairs.  Menariknya lagi, monitor ini juga telah mendukung refresh rate hingga 75Hz.

Dengan dukungan fitur game dan penggunaan panel IPS, tentunya monitor ini tidak hanya ideal untuk bermain game, tetapi juga bisa digunakan di berbagai kebutuhan seperti bekerja atau menonton film. Dukungan konektor display pada monitor LG ini juga cukup lengkap dengan dua buah konektor HDMI dan satu D-Sub.

Tags: