in: News | October 8, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Dari New York, Intel Umumkan Jajaran Prosesor Desktop Terbaru!

Tahun 2018 ini, Intel, salah satu pemain besar di dunia prosesor PC, terbilang cukup aktif memperbarui jajaran prosesor baru mereka. Sejak pergantian tahun, Intel telah mengumumkan beberapa keluarga prosesor, di antaranya Core i9 pertama yang ditujukan untuk laptop dan Core i 8th Gen. terbaru untuk laptop dari keluarga Whiskey Lake. Kali ini, di New York, AS, Intel kembali merilis prosesor baru mereka, untuk desktop, melalui suatu acara yang digelar beberapa saat lalu!

Fokus ke Content Creator, Gamer, dan Power User

Lini prosesor terbaru Intel ini dikreasikan dengan fokus ke beberapa segmen, mulai dari content creator hingga gamer. Intel menjelaskan, penggunaan PC, yang dulu sempat diprediksi menurun, ternyata justru meningkat, dengan makin banyak segmen pengguna yang muncul dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal itu membuat mereka, sebagai produsen chip untuk PC, harus selalu menghasilkan produk baru yang bisa memenuhi apa saja kebutuhan segmen-segmen pengguna itu.

Untuk prosesor baru yang diumumkan hari ini, Intel menyebutkan bahwa akan ada produk yang ditujukan bagi segmen content creator, yang membutuhkan PC dengan jumlah core sangat banyak. Hal tersebut sesuai dengan tuntutan bahwa content creator harus bisa menghasilkan konten berkualitas dalam waktu yang relatif singkat. Intel menawarkan produk mereka, yang bisa menawarkan teknologi yang mendukung kebutuhan itu, baik dari content creator profesional hingga yang membuat konten untuk hobi.

Sementara di segmen gaming, Intel juga menaruh perhatian lebih, karena segmen ini merupakan yang berkembang paling cepat belakangan ini. Perkembangan ini banyak didorong oleh eSports, di mana di bidang ini, banyak sekali tuntutan akan performa, baik untuk kenyamanan para gamer dalam memainkan game, termasuk game-game kompetitif, serta untuk hal di sekitarnya, seperti streaming. Intel coba menjawab kebutuhan itu, juga melalui jajaran prosesor baru mereka ini.

Core 9th Gen.: Core i9 untuk Mainstream

Di segmen desktop, Intel menghadirkan Core 9th Generation, dengan tiga buah prosesor “K Series” menjadi penanda lahirnya generasi baru ini. Satu hal yang menarik, Intel menghadirkan Core i9 di segmen mainstream, yaitu melalui Core i9-9900K, prosesor flagship mereka untuk keluarga ini. Intel menawarkan 8 core di prosesor ini, sebelumnya mereka hanya menawarkan hingga 6 core, seperti di Core 8th Gen. Soldered Thermal Interface Material (STIM) ditawarkan Intel untuk membantu aspek overclockability dari ketiga prosesor baru ini.

Selain Core i9-9900K, terdapat juga Core i7 dan Core i5 baru, yaitu Core i7-9700K dan Core i5-9600K. Spesifikasi dari tiga prosesor tersebut bisa dilihat di tabel di bawah ini:

Ketiga prosesor itu bisa digunakan di motherboard dengan chipset Intel 300 Series yang ada selama ini. Namun, Intel juga menyiapkan chipset baru khusus untuk mendukung ketiga prosesor baru ini, yaitu Intel Z390. Chipset ini hadir menawarkan beberapa hal baru, seperti dukungan WiFi AC terintegrasi yang kini makin dibutuhkan oleh banyak segmen, terutama gamer.

Jajaran X-Series Baru: Hingga 18 Core

Bukan hanya Core 9th Gen. untuk kelas mainstream, Intel juga mengumumkan jajaran produk Core X Series baru, yang juga hadir sebagai bagian dari Core 9th Gen. Terdapat 7 prosesor baru yang baru diumumkan Intel, yaitu Core i7-9800X, Core i9-9820X, Core i9-9900X, Core i9-9920X, Core i9-9940X, Core i9-9960X, dan Core i9-9980XE. Prosesor X Series ini menawarkan jumlah core mulai dari 8 core hingga 18 core, tentunya dengan dukungan Hyper Threading. Berikut ini tabel spesifikasi Core 9th Gen. X Series yang diumumkan Intel:

Jajaran X Series ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan content creator masa kini, dengan kemampuan tinggi yang ditawarkan. Intel juga menawarkan Soldered Thermal Interface Material di jajaran prosesor ini, yang diharapkan bisa menghadirkan kemampuan overclocking yang lebih baik. Ya, jajaran X Series ini kembali dibekali dengan unlocked multiplier, sehingga memungkinkan power user bisa mendapatkan performa lebih baik lagi.

Prosesor Workstation “Unlocked”

Masih sebagai tawaran mereka untuk content creator, Intel juga menawarkan Xeon W-3175X. Prosesor ini memiliki 28 core dengan 56 thread, dengan 68 PCIe lane, serta dukungan DDR4 6-channel, yang akan bisa menawarkan performa yang memadai untuk kebutuhan content creation yang sangat berat sekalipun. Di prosesor ini, Intel juga menawarkan unlocked multiplier, sehingga pengguna akan bisa meningkatkan clock prosesor hingga di atas 4.3 GHz, boost clock paling tinggi yang secara standar didukung.

Gunakan 14nm++

Seluruh prosesor baru ini diproduksi dengan fabrikasi 14nm++. Berbagai optimasi yang dilakukan oleh Intel terhadap fabrikasi 14nm selama beberapa tahun belakangan ini membuat mereka bisa menghadirkan jumlah core lebih banyak, dengan clock di kisaran yang sama, serta TDP sama dengan generasi sebelumnya, di Core 9th Gen. ini, terutama di Core i9-9900K. Prosesor baru dari Intel ini akan mulai tersedia dari 19 Oktober untuk Core 9th Gen. mainstream, serta mendekati akhir tahun 2018 ini untuk Xeon W-3175X.

Tags: