in: News | October 29, 2018 | by: Tim Jagat Review

Gigabyte Rilis GeForce GTX 1060 G1 Gaming D5X dengan 6GB GDDR5X

GeForce RTX-20 memang sudah dirilis beberapa waktu lalu dan menghadirkan peningkatan performa gaming dan juga komputasi. Sayangnya NVIDIA belum merilis seri menengah dengan harga lebih terjangkau di varian RTX. Meski demikian, NVIDIA telah menyiapkan varian GeForce GTX 1060 dengan varian VRAM 6GB GDDR5X.

Gigabyte dilaporkan telah merilis varian kartu grafis GeForce GTX 1060 G1 Gaming D5X yang menggunakan VRAM 6GB GDDR5X. Graphics card tersebut hadir dengan sistem pendingin WINDFORCE 3X triple fan yang telah didukung dengan tiga heatpipe. Kartu grafis tersebut juga telah dilengkapi fitur semi-passive fan yang akan menghentikan putaran kipas saat suhu kartu grafis rendah. Terdapat pula notifikasi LED yang akan menandakan saat kipas sedang dalam posisi berhenti.

Sayangnya Gigabyte tidak memberikan informasi akan GPU base clock, boost clock dan juga memory clock dari kartu grafis barunya itu. Selebihnya kartu grafis tersebut memiliki spesifikasi yang mirip dengan GeForce 1060 sebelumnya seperti menggunakan chip GPU dengan 1280 CUDA Core dan konektor power 1x 8 pin PCIe.

Berdasarkan rumor sebelumnya, kehadiran GeForce GTX 1060 dengan VRAM 6GB GDDR5X merupakan jawaban atas AMD yang dirumorkan akan merilis kartu grafis Radeon RX 490 yang menggunakan fabrikasi 12nm. Berbeda dengan NVIDIA yang menggunakan VRAM GDDR5X, AMD lebih memfokuskan kepada peningkatan GPU clock dengan menggunakan VRAM GDDR5 8 GB/s yang digunakan pada grafis Radeon RX 580 sebelumnya.

Tags: