in: Graphics Card - Highlights | October 13, 2018 | by: Tim Jagat Review

Hands-on: Gigabyte GeForce RTX 2080 Gaming OC 8GB di 4K Gaming

GeForce RTX ‘Turing’ mengguncang dunia GPU tanggal 20 Agustus 2018 lalu, dan mengusung peningkatan performa yang jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya, ‘Pascal’. GeForce RTX ‘Turing’ juga menggunakan sebuah arsitektur yang terlihat jauh berbeda dari beberapa GPU terakhir NVIDIA, mulai dari Shader Unit beperforma tinggi, lalu penambahan RT Core untuk perhitungan ray-tracing dan Tensor Core untuk perhitungan AI, hingga ke pemberian GDDR6 untuk memberikan bandwidth besar yang dibutuhkan pada gaming resolusi tinggi.

Baca Juga:

Lebih Dekat dengan GeForce Turing

 

Beberapa waktu lalu,  lab JagatReview mendapat kiriman VGA GeForce RTX pertama yang dipinjamkan untuk kebutuhan testing, yakni Gigabyte GeForce RTX 2080 Gaming OC 8G. Pada Artikel berikut ini, kami akan melakukan serangkaian pengujian singkat padanya – mari simak bersama!

 

Gallery

 

 

Software Utility OC:

 

Spesifikasi (GPU-Z)

Dengan clockspeed ‘boost’ di 1815Mhz, GIGABYTE GeForce RTX 2080 sudah mengalami pre-overclocked, untuk memiliki rating boost clock lebih tinggi dari GeForce RTX 2080 Standar, maupun Founders Edition. Perbandingannya bisa dilihat di bawah ini:

Butuh informasi lebih jauh? Baca info spesifikasi yang tersedia di website Gigabyte berikut ini.

 

Sebagai tambahan, menurut rekan kami di JagatOC, GPU GeForce RTX memiliki mekanisme untuk mengatur clockspeednya secara dinamis berdasarkan temperatur dan power limit, seperti generasi sebelumnya. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai Boost Clock di Gigabyte GeForce RTX 2080 Gaming OC 8G.

Baca Juga:

Analisis: Boost Clock & Overclocking Gigabyte GeForce RTX 2080 Gaming OC 8G

 

Ruang Lingkup Pengujian

Pada sesi hands-on singkat ini, kami akan melakukan pengujian performa pada Gigabyte RTX 2080 Gaming OC 8G dengan menjalankan berbagai Game pada Resolusi 4K (3840×2160). Dan juga membandingkan Graphics Card ini dengan 2 Graphics Card NVIDIA terdahulu:

  • GeForce GTX 1080 Reference: GTX 1080 Founders Edition
  • GeForce GTX 1080 Ti Custom : MSI GTX 1080 Ti Lightning-Z

Selain performa, kami juga menguji konsumsi daya-nya.

Perlu diketahui, salah satu fitur unggulan GeForce RTX adalah kemampuannya melakukan real-time ray tracing, dan juga melakukan berbagai kalkulasi AI (yang digunakan untuk image post-processing). Sayangnya, sampai saat review ini ditulis, belum ada game resmi yang memanfaatkan hal tersebut. Jadi, pengujian kami kali ini akan menggunakan aplikasi/game ‘tradisional’ tanpa ray tracing, dan hanya mengukur kemampuan shader unit dan juga GDDR6 baru yang ada di GeForce RTX ‘Turing’

 

Nah, seperti apa detil dari pengujian yang akan kami lakukan pada Graphics Card ini? Simak halaman berikutnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags: