in: Motherboard | October 8, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On: Motherboard ASUS ROG Maximus XI Hero

Tampilan Fisik

ROG Maximus XI Hero Wi-Fi kembali hadir dengan tampilan PCB all black. Motherboard ini juga dilengkapi dengan heatsink dan beberapa komponen lain yang bewarna abu-abu gelap. Hal ini membuat motherboard Maximus XI Hero Wi-Fi ini terlihat memiliki warna monochrome yang memberikan kesan elegan.

Di ROG Maximus XI Hero ini kami tidak melihat adanya sablon berlebihan di bagian PCB motherboard. Sablon yang ada lebih mengarah ke petunjuk bagi pengguna mengenai slot PCIet. Untuk ukuran, motherboard ini memiliki ukuran ATX 30.5 x 24.4 cm.

Motherboard ini hadir dengan sebuah I/O shroud yang menurut kami sudah menjadi sebuah tren saat ini. I/O shroud di Maximus XI Hero Wi-Fi ini terlihat sangat sederhana dan menarik, serta terlihat berukuran cukup besar. Hanya terdapat tulisan “Maximus XI” di shroud ini, serta alur diffuser yang bertujuan untuk membuat cahaya RGB dari LED yang ada di balik shroud terlihat seperti PCB traces.

RGB lighting yang terdapat di ROG Maximus XI Hero Wi-Fi ini menurut kami juga memberikan kesan positif untuk estetika dari motherboard ini. LED yang digunakan tidak terlalu banyak, dengan penempatan yang membuat kesan motherboard ini terlihat seperti motherboard high-end. Selain pada bagian I/O shroud, RGB pada motherboard ini terdapat di area heatsink PCH.

Terdapat 4 DIMM yang mendukung DDR4 dengan kecepatan maksimal hingga DDR4-4400 berdasarkan manual book yang kami dapatkan di dalam paket penjualan. Saat hands-on motherboard ini dibuat, list QVL memori untuk motherboard ini masih belum dapat kami lihat. Namun, berdasarkan informasi yang kami dapatkan, motherboard ini siap mendukung konfigurasi 4DIMM DDR4 4266 (2DIMM per channel).

Kapasitas maksimal dari RAM yang dapat digunakan pada motherboard ini adalah 64 GB untuk konfigurasi 4x 16GB, dengan jenis Non-ECC Unbuffered DDR4. Namun, kami juga belum mendapatkan informasi mengenai apakah motherboard ini siap mendukung DC (Double Capacity) DIMM. Ke-4 slot DIMM ini dibalut warna hitam.

Dibalik peningkatan signifikan pada bagian memori, Asus ternyata melakukan perubahan pada bagian layout routing dari CPU menuju DIMM slot. Asus menamakan layout ini sebagai OptiMem II. Layout ini sendiri dibuat oleh Asus dari ground up dengan tujuan meningkatkan signal margin memori dan menghindari signal crosstalk. Pada bagian belakang PCB DIMM slot ROG Maximus XI Hero Wi-Fi ini Asus membuat sebuah ground plane yang sangat besar untuk menciptakan signaling yang lebih baik dari OptiMem I yang ditemukan pada motherboard Z370.

Untuk sisi pemasok daya, motherboard ini menggunakan 24-pin ATX, 8-pin ATX 12v CPU dan 4-pin ATX 12v CPU. Di konektor 24-pin, motherboard ini menggunakan 2 buah pin 12v yang dibuat lebih tebal dari pin yang lainya. Hal ini disebut untuk mencegah terjadinyanya pin burn.

Berikut ini adalah tampilan belakang PCB motherboard ROG Maximus XI Hero Wi-Fi

Jumlah fan header yang dapat kita temukan pada motherboard ini adalah 9 buah. Sebanyak 8 buah fan header yang tersedia berupa 4-pin fan header yang siap berjalan dengan mode PWM atau DC Regulated. Sedangkan header 1 lainnya adalah sebuah 3-pin fan header yang berfungsi sebagai waterflow sensor. Jumlah yang menurut kami sangat berlimpah!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES