in: Motherboard | October 8, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On: Motherboard ASUS ROG Maximus XI Hero

BIOS Tour

Seperti yang kita semua ketahui, BIOS yang digunakan ASUS ROG memang sudah cukup khas, dengan warna hitam dan merah. Selector yang digunakan pada BIOS ini bewarna merah. Layout BIOS ROG ini sangatlah mudah dan nyaman digunakan, terutama bila pengguna sudah pernah menggunakan motherboard ASUS ROG sebelumnya. Oleh karena itu, wajar bila ASUS tidak melakukan perubahan desain dasar BIOS yang sudah cukup populer itu.

Di bagian kanan BIOS Anda akan menemukan hardware monitor untuk memberitahu kepada pengguna informasi mengenai sistem yang sedang digunakan baik dari CPU Frequency & Voltage, dan memory. Sebagai tambahan bahwa pada motherboard ROG Maximus XI Hero Wi-Fi ini terdapat 1 buah tab Prediction yang merupakan fitur baru.

Pada pembahasan ini kami tidak akan membahas BIOS EZ Mode, kami hanya akan membahas Advanced Mode

Advanced Mode

Memasuki Advance Mode, ini adalah mode BIOS di mana pengguna dapat melakukan pengaturan yang lebih mendalam terhadap sistem. Seluruh opsi untuk konfigurasi sistem bisa dijumpai di sini, baik opsi-opsi yang umum digunakan maupun opsi-opsi khusus yang digunakan untuk keperluan spesifik yang akan dibutuhkan oleh kalangan tertentu.

Pada BIOS Advance Mode ini tampilan pertama yang akan dijumpai adalah tab Main dimana pada tab tersebut berisikan informasi mengenai BIOS yang digunakan dan juga informasi CPU yang digunakan.

Ai Tweaker

DRAM Timing Control:

External Digi+ Power Control: Tweakers Paradise: AI Features:

Di  BIOS terbaru untuk motherboard Z390 ini Anda akan langsung menyadari kehadiran tab prediction pada sisi kanan bawah tampilan BIOS. Pada BIOS Anda bisa langsung mengetahui seberapa jauhkan prosesor yang Anda gunakan dapat di-overclock.

Perlu diperhatikan juga, bahwa pada BIOS bagian Ai Tweaker hampir seluruh opsi yang tersedia pada motherboard ini dapat langsung memberikan efek kepada sistem Anda.

Tidak itu saja, motherboard ini juga dapat melakukan AI Overclocking, pada pembahasan ini kami hanya sedikit membahas mengenai AI Overclocking dari ROG Maximus XI Hero Wi-Fi. Kami sudah menyiapakan 1 artikel khusus untuk membahas AI Overclocking milik Asus ini, yang nanti akan Tayang di JagatOC dalam waktu dekat

Pada BIOS bagian Tab Ai Tweaker ini juga terdapat 1 menu yang bernamakan Ai Features, pada bagian inilah Anda dapat mengatur Ai milik Asus ini.

Dan berikut ini adalah tampilan lainya yang akan Anda temukan pada motherboard ROG Maximus XI Hero Wi-Fi

Utility

Ai Sutie III

Ini adalah aplikasi pendukung untuk melakukan tuning sistem secara on the fly. Asus memberikan sebuah aplikasi yang dapat mengizinkan pengguna melakukan pengaturan sangat lengkap. Lewat aplikasi tersebut Anda dapat menggunakan preset yang digunakan dan juga melakukan tuning manual sistem Anda baik dari sisi CPU multiplier, voltage, fan control, hingga mengatur mode phase control VRM. Khusus untuk Ai Suite III untuk motherboard Strix dan ROG, Anda akan mendapatkan Ai Suite dengan tema hitam dan merah. Pada bar bagian bawah Ai Suite III ini juga terdapat system monitoring akan CPU Frequency, Voltage, Temperature, dan Fan speed

Kami akan sedikit membahas mengenai Dual Intelligent Processors 5, TPU Insight, Fan Xpert 4, DIGI+ Power Control, dan System Information.

Dual Intelligent Processor 5

 

Pada utility ini Anda bisa melakukan konfigurasi sistem dengan preset yang sudah diberikan oleh Asus. Pada motherboard ini opsi yang tersedia adalah 5 way optimization yang berarti anda akan menggunakan metode lama untuk melakukan tuning sistem, atau Anda dapat memilih Ai Optimized yang merupakan fitur Asus yang akan memberikan Anda Overclock yang cukup tinggi dan aman.

  • 5-Way Optimization: 

  • AI Optimization:

TPU Insight

 

Pada menu TPU ini, pengguna dapat melakukan overclocking manual secara on the fly. Terdapat opsi untuk mengubah CPU multiplier dan juga berbagai opsi voltage baik untuk CPU, memory, dan chipset.
Melihat lebih lanjut lagi inilah Voltage settings yang bisa di atur pada TPU Insight:

Fan Xpert 4

 

Pada menu ini Anda dapat memilih preset fan yang sudah ada ataupun melakukan tuning secara manual dengan mengatur fan curve. Secara default semua fan header pada motherboard ini akan berjalan dengan mode PWM.

Digi+ Power Control

Pada tab DIGI+ Power Control akan ditemukan opsi yang serupa dengan apa yang ditemukan di BIOS. Asus mengizinkan pengubahan mode Power Phase Control secara on the fly. Dan tidak tangung-tanggung Anda juga dapat mengubah switching frequency VRM Anda secara manual dan ini berlaku tidak hanya untuk VRM CPU, tapi juga bisa untuk VRM memory!

Berikut ini adalah menu pada utility Digi+ Power Control untuk memori:

System Information

 

Utility ini bertujuan untuk membertau pengguna hardware pada saja yang sedang digunakan, utility ini hanya membaca ID hardware dan tidak melakukan monitoring.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES