in: News | October 16, 2018 | by: Tim Jagat Review

Kartu Grafis NVIDIA Palsu Ditemukan di Toko Online Ebay

Saat ingin membangun sebuah PC desktop gaming maupun untuk kegiatan pembuatan konten, biasanya sang konsumen akan cukup selektif dalam melakukan pemilihan kartu grafis. Tidak sedikit pula calon konsumen yang memilih kartu grafis dengan harga terjangkau.

Namun, memilih kartu grafis dengan harga terjangkau saat ini tampaknya harus lebih berhati-hati. Beberapa kartu grafis yang dijual secara online ditemukan merupakan kartu grafis palsu.

Kartu grafis NVIDIA GeForce ditemukan paling sering mendapatkan kasus seperti di atas.  Sebagian besar kasus ditemukan para pelaku menggunakan kartu grafis yang sudah tidak laku seperti contoh GeForce GTS 450 dan menggantikan BIOS default dengan BIOS modifikasi dengan seri lain seperti “GTX 1060” atau “GTX 1050Ti” yang kemudian dijual sebagian besar di toko online.

Menurut berita yang kami kutip dari Guru3D, kebanyakan kartu grafis palsu ditemukan dijual di toko online ternama, Ebay. Rata-rata kartu grafis palsu yang dijual tidak memiliki brand yang jelas dan harga jauh di bawah dari harga standar. Berdasarkan temuan terdapat beberapa kartu grafis “GeForce GTX 1060” palsu yang saat diuji memiliki nilai hanya 1.600 di 3DMark Firestrike, jauh jika dibandingkan GeForce GTX 1060 asli yang mencapai 10.000.

Kabar baiknya, calon konsumen tidak perlu risau akan hal tersebut.  Software informasi GPU ternama GPU-Z mulai dari versi 2.12.0 kini sudah mulai dapat mendeteksi kartu grafis palsu dengan memberi label “FAKE” saat mendeteksi kartu grafis palsu.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES