in: News | October 21, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Kemendikbud dan Casio Tandatangani Kerjasama Tingkatkan Pendidikan Sains dan Teknologi di Indonesia

Casio yang merupakan produsen elektronik ternama asal Jepang belum lama ini mengumumkan kerjasamanya dengan pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Jalinan kerjasama tersebut bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para guru dan siswa Indonesia dalam pendidikan sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM). Penandatanganan dilakukan pada 27 September 2018.

Perjanjian kerjasama tersebut untuk mengembangkan kompetensi guru dan siswa di Indonesia untuk berkontribusi pada peningkatan pendidikan STEM mereka. Casio akan memberikan dukungan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, merangsang minat siswa di STEM dan meningkatkan keterampilan mereka, serta mengembangkan materi pendidikan dan kurikulum yang berkaitan dengan pendidikan STEM bekerjasama dengan tiga divisi dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Pelatihan, Pendidikan Menengah dan Kurikulum.

Casio telah bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan guru di berbagai negara untuk mengusulkan kelas matematika menggunakan kalkulator saintifik, mengembangkan bahan pengajaran dan memverifikasi keefektifannya. Melalui inisiatif tersebut, yang disebut Casio GAKUHAN, Casio tidak hanya menjual produk, tetapi juga melakukan kegiatan dukungan pendidikan di seluruh dunia untuk berkontribusi pada peningkatan kemampuan akademik siswa.

Dalam beberapa tahun terakhir, Casio telah memperkuat kegiatannya terutama di negara-negara berkembang di Asia, mengembangkan pasar dengan membuat proposal yang memenuhi situasi dan kebutuhan pendidikan negara-negara tersebut.

Di Indonesia sendiri, Casio telah mempromosikan keuntungan menggunakan kalkulator saintifik melalui kegiatan seperti sesi pelatihan untuk guru matematika dan kompetisi matematika sejak tahun 2016. Menggunakan kalkulator saintifik bertujuan untuk menyederhanakan proses perhitungan dan membantu siswa fokus pada peningkatan keterampilan pemecahan masalah.

Secara khusus, Casio akan mempromosikan pengembangan teknik pengajaran dan bahan pengajaran setelah memberikan pelatihan kepada guru dalam mengajar matematika menggunakan kalkulator saintifik dan melakukan kelas tes di sekolah percontohan di seluruh Indonesia untuk memverifikasi keefektifannya. Selain itu, untuk meningkatkan minat siswa dalam pendidikan STEM, Casio telah membentuk program magang di salah satu tempat produksinya, Casio (Thailand) Co., Ltd., di mana para siswa sekolah kejuruan akan diterima dari Indonesia untuk belajar.

Casio berharap dapat melanjutkan kerjasamanya dengan Kemendikbud untuk memanfaatkan keahliannya dalam menggunakan kalkulator saintifik untuk meningkatkan tingkat pendidikan STEM di Indonesia.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES