in: Notebook / Laptop | October 2, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Laptop AMD Ryzen Tanpa VGA Tambahan Lancar Main Game?

Siapa menyangka jika lahirnya APU 8th Gen “Raven Ridge” memicu lahirnya laptop AMD dengan performa yang tidak terbayang sebelumnya. Tidak hanya menawarkan performa CPU jauh lebih kencang, kemampuan GPU di dalam APU juga meningkat secara signifikan. Tentu dengan GPU lebih kuat membuat game dapat dijalankan lebih lancar dengan frame rate lebih tinggi dibandingkan apa yang ditawarkan APU generasi sebelumnya atau solusi sejenis lainnya.

Meskipun GPU di APU 8th Gen “Raven Ridge” telah mampu menawarkan performa grafis tinggi, adakalanya kita menemukan sebuah produk laptop yang menambahkan kartu grafis ekstra. Padahal kartu grafis ekstra ini justru membuat keberadaan GPU kencang di APU 8th Gen “Raven Ridge” menjadi sia-sia terlebih jika performanya sama atau lebih pelan. Belum lagi kartu grafis ekstra tersebut membuat komponen penghasil panas di dalam laptop menjadi bertambah, membuat desain bodi laptop lebih besar karena butuh pendingin tambahan, dan juga membuat harga laptop menjadi lebih tinggi.

Di video berikut ini akan kami tunjukkan kepada Anda jika GPU di dalam APU 8th Gen “Raven Ridge” ternyata punya performa yang mumpuni untuk menjalankan game modern dengan lancar. Tidak ada kartu grafis tambahan yang digunakan oleh lima laptop yang kami uji kali ini mulai dari merk Acer, ASUS, HP, hingga Lenovo.

Tags: