in: News | October 25, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Lenovo ThinkPad P Series – Jajaran Mobile Workstation Khusus untuk Profesional

Pada akhir September lalu, Lenovo Indonesia resmi menambah keluarga baru mobile workstation dari keluarga ThinkPad P Series, yaitu ThinkPad P1. Notebook yang dirancang khusus untuk para profesional tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan para profesional masa kini yang memiliki mobilitas tinggi karena dirancang dengan desain yang lebih ramping serta bobot yang ringan.

Aziz Wonosari, selaku Technical Manager, Lenovo Indonesia, menyatakan bahwa Lenovo dengan bangga menghadirkan jajaran mobile workstation Lenovo ThinkPad P Series di Indonesia. “Kita tahu bahwa Lenovo merupakan produsen PC ternama dunia yang memiliki koleksi mobile workstation yang lengkap, mulai dari ThinkPad P72, ThinkPad P52, ThinkPad P52S dan yang terbaru, ThinkPad P1”.

Aziz menambahkan, meskipun beberapa notebook yang dirancang dengan performa tinggi dianggap mirip dengan performa mobile workstation, ada beberapa hal yang membedakannya. Pertama dari segi GPU yang digunakan pada mobile workstation, yaitu NVIDIA Quadro. GPU tersebut dirancang khusus oleh NVIDIA untuk produktivitas, seperti rendering 3D, animator dan lainnya yang berkaitan dengan industri.

Begitu pula pada sektor prosesor yang digunakan. Hampir rata-rata mobile workstation dilengkapi dengan prosesor Intel Xeon. Akan tetapi, ada tiga faktor utama yang membedakan mobile workstation dari Lenovo ini dengan notebook lainnya yang memiliki performa tinggi, di antaranya ISV (Independent Software Vendor), Lenovo Performance Tuner dan Diagnostics.

ISV merupakan sertifikasi yang sudah mendukung aplikasi produktivitas populer, antara lain Adobe Premiere Pro CC, Adobe After Effect CC, Autodesk 3ds Max, Autodesk Maya, Sony Vegas Pro, Dassault System SolidWorks, dan aplikasi produktivitas lainnya.

Lenovo Performance Tuner merupakan tool gratis dari Lenovo yang ditujukan untuk workstation mereka untuk meningkatkan dan mengoptimalkan performa sistem dari workstation. Sedangkan Diagnostics untuk memudahkan pengguna untuk menganalisa apabila terjadi kerusakan pada workstation, seperti gejala munculnya suara “beep”.

Lini produk ThinkPad P Series yang dimiliki oleh Lenovo ini tidak hanya memiliki performa yang tinggi, namun juga kini telah memiliki rancangan yang dapat mendukung mobilitas tinggi, terutama pada seri ThinkPad P52S dan ThinkPad P1. Sedangkan untuk varian ThinkPad P52 dan ThinkPad P72 dirancang telah mendukung penggunaan VR (Virtual Reality) Ready”, Terang Aziz.

Tags: