in: News | October 22, 2018 | by: Tim Jagat Review

NVIDIA Diam-Diam Rilis GeForce GTX 1060 6GB GDDR5X

Kartu grafis kelas menengah seperti GeForce GTX 1060 seringkali menjadi pilihan utama pengguna saat mencari kartu grafis untuk PC gaming.  Mengingat GeForce GTX 1060 menghadirkan pengalaman bermain game FHD 1080p dengan lancar dan memiliki harga yang terjangkau.

Belum lama ini, NVIDIA diam-diam telah menghadirkan varian terbaru dari GeForce GTX 1060 dengan VRAM 6GB GDDR5X. Penggunaan VRAM GDDR5 yang sebelumnya hanya ditemui pada kartu grafis kelas atas, kini telah tersedia di kelas menengah.  Penggunaan GDDR5X menghadirkan bandwith sebesar 10 Gbps yang lebih tinggi dibandingkan 8 Gbps yang ada pada VRAM GDDR5 sebelumnya.

Selain menghadirkan varian VRAM GDDR5X, NVIDIA juga telah menghadirkan varian baru lainnya yang menghadirkan VRAM GDDR5 dengan bandwith sebesar 9 Gbps. NVIDIA sementara ini hanya merilis founder edition dari kedua varian ini.  Belum ada informasi kapan akan hadir ke vendor AIB (Addin-board) dari pihak ketiga.

Banyak pengamat menyebutkan, varian terbaru GeForce GTX 1060 ini sebagai jawaban NVIDIA atas Radeon RX 590 yang menggunakan GPU “Polaris 30” yang hadir dengan fabrikasi 12nm. Penggunaan fabrikasi terbaru itu menghasilkan GPU clock yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Berbeda dengan NVIDIA yang menggunakan VRAM GDDR5X, AMD dirumorkan tetap menggunakan VRAM GDDR5 8 Gbps untuk Radeon RX 590.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES