in: Processors | October 19, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Review Prosesor Intel Core i9-9900K: 8-Core di Kelas Mainstream

Uji Konsumsi Daya

Pengujian oleh Chandra Wijaya

Pengujian yang kami lakukan tentunya tidak akan terasa lengkap tanpa adanya uji konsumsi daya. Kami melakukan pengujian sistem dengan basis prosesor Core i9-9900K ini di beberapa skenario untuk melihat konsumsi dayanya. Skenario tersebut adalah idle, load Cinebench R15 Multi Core, load 3DMark Fire Strike Combined Test, dan load ketika memainkan game GTA V. Kami juga mengukur performance per watt di Cinebench R15. Konsumsi daya yang diukur adalah konsumsi daya TOTAL dari seluruh sistem, tidak termasuk monitor.

Idle di Desktop (Windows Power Setting: Balanced)

Load Cinebench R15

Load 3DMark Fire Strike Combined Test

Load GTA V

Di kondisi idle, sistem dengan basis ketiga prosesor ini membutuhkan daya di kisaran yang kurang lebih sama. Namun, di kondisi load dengan beberapa skenario yang kami gunakan untuk pengujian ini, terlihat Core i9-9900K membutuhkan daya yang lebih tinggi dari kedua pendahulunya. Hal tersebut menurut kami wajar, karena prosesor ini merupakan prosesor octa-core yang dijalankan di clock yang terbilang tinggi oleh Intel, dengan basis arsitektur yang serupa dengan kedua pendahulunya.

Bicara mengenai performance per Watt, di Cinebench R15 Multi Thread, kami mendapati prosesor ini mencatatkan hasil yang terbilang baik. Performance per Watt yang ditawarkan jauh berada di atas Core i7-7700K, yang menunjukkan bahwa untuk penggunaan yang membutuhkan kemampuan multi-threading, prosesor octa-core ini terlihat jauh lebih menarik dibandingkan dengan pendahulunya yang hanya memiliki empat buah core tersebut. Sementara bila dibandingkan dengan Core i7-8086K, prosesor baru ini menawarkan performance per Watt sedikit di bawah, tidak terpaut terlalu jauh, masih berada di kisaran yang terbilang tinggi.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES