in: News | October 19, 2018 | by: Tim Jagat Review

Samsung Mulai Produksi Masal Fabrikasi 7nm LPP EUVL

Samsung selama ini dikenal akan divisi semikonduktor yang menghasilkan berbagai produk mulai dari SoC (System on Chip), RAM dan juga storage berbasis teknologi NAND seperti SSD dan eMMC.  Agar menghasilkan peningkatan performa dan efisiensi menjadi lebih baik,  Samsung secara rutin melakukan update fabrikasi ke versi terbaru.

Belum lama ini diberitakan, Samsung mengumumkan akan mulai produksi masal fabrikasi 7nm Low Power Performance (LPP)  terbaru miliknya.  Fabrikasi dari Samsung ini kabarnya telah mengadopsi teknologi extreme ultraviolet lithography (EUVL) yang dapat meminimalkan waktu produksi agar menjadi lebih singkat.

Fabrikasi 7nm LPP dengan EUVL ini diklaim oleh Samsung menghadirkan peningkatan performa 20%, peningkatan efisiensi 50% dan pengurangan area transistor 40% lebih kecil dibandingkan fabrikasi 10nm LPE yang digunakan di berbagai produk Samsung dan perusahaan pihak ketiga lainya saat ini.

Samsung akan melakukan produksi di fasilitas Fab S3 yang berlokasi di Hwaseong, South Korea. Samsung menyebutkan bahwa fabrikasi 7nm LPP bisa diaplikasikan mulai dari perangkat mobile hingga segmen HPC (High Performance Computing). Sehingga perusahaan pihak ketiga bisa segera memproduksi tanpa harus menunggu versi berbeda dirilis.

Berbagai produk direncanakan akan menggunakan fabrikasi 7nm LPP ini.  Mulai dari SoC terbaru dengan modem 5G NR untuk perangkat mobile, hingga  memory GDDR6. Qualcomm dikabarkan menjadi salah satu perusahaan yang  mengadopsi fabrikasi 7nm LPP dan direncanakan akan digunakan untuk SoC dan juga chipset modem 5G NR terbaru.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES