in: News | October 3, 2018 | by: Tim Jagat Review

Standar 5G NR Belum Dirilis,  Verizon Luncurkan Produk Modem Berbasis 5G

Standar jaringan selular 5G NR (New Radio) akan menjadi penerus generasi kelima dari jaringan selular 4G LTE. Berbagai vendor seperti Qualcomm, Intel,  Mediatek,  Samsung hingga Huawei kabarnya tengah bersiap untuk menghadirkan chipset yang mendukung jaringan 5G NR.

Walaupun standar 3GPP 5G NR belum diumumkan, Verizon selaku perusahaan selular ternama asal Amerika Serikat diberitakan telah mencuri start dengan menghadirkan layanan 5G NR secara terbatas di beberapa konsumen di 4 kota besar di Amerika Serikat yakni Houston, Indianapolis, Los Angeles dan Sacramento. Dikarenakan belum ada  perangkat smartphone yang mendukung jaringan 5G NR saat ini,  Verizon merilis produk modem home router yang bisa mengubah jaringan 5G NR menjadi wi-fi dengan kecepatan 300 Mbps.

Program ini dinamakan ”first on 5G” yang nantinya bagi pengguna yang tertarik mengikuti program ini berkesempatan menjadi yang pertama menikmati jaringan selular 5G di smartphone yang didukung nantinya saat infrastruktur sudah siap tanpa perlu registrasi ulang. Tidak hanya itu, pengguna juga mendapatkan bonus berupa instalasi Chromecast Ultra atau Apple TV gratis.

Pengguna hanya cukup membayar US$ 50 per bulan untuk pengguna Verizon wireless dan US$ 70 untuk yang bukan pengguna.  Verizon menyebutkan pihaknya bisa melakukan hal tersebut karena telah bekerjasama dengan berbagai vendor (Qualcomm, Intel,  Samsung dsb) serta bekerjasama dengan beberapa pemerintah kota besar, sehingga memungkinkan dilaksanakan program ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES