in: News | November 9, 2018 | by: Tim Jagat Review

Chrome 71 Mampu Blokir Iklan Manipulatif

Bagi sebagian besar orang yang sering menjelajah dunia maya pasti tidak asing dengan yang namanya iklan.  Sebagian besar website menggunakan iklan sebagai pemasukan utamanya. Akan tetapi sayangnya kita sering menemui iklan manipulatif yang hadir dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Iklan seperti ini sering kali menjebak pengguna agar mengklik tautan yang berisikan iklan yang menjebak. Tidak hanya itu, pengguna juga terkadang dibuat kesulitan untuk keluar. Salah satu contohnya yang paling terkenal adalah iklan manipulatif yang menampilkan perangkat Android Anda seolah-olah terkena malware berbahaya.

Pengguna akan digiring untuk mengunduh aplikasi “antivirus palsu” yang sebenarnya berisikan adware yang akan menampilkan iklan serta mencuri data penting di perangkat.

Google tidak ingin hal seperti ini terjadi lagi pada browser Chrome miliknya. Oleh karenanya, Google menghadirkan update Chrome 71 yang dirancang mampu memblokir berbagai iklan yang bersifat manipulatif, sehingga menyisakan konten iklan yang baik saja.

Google mengklaim metode ini akan mengurangi dampak negatif dari iklan manipulatif yang sering dialami terutama untuk pengguna awam.  Fitur ini akan aktif dan berjalan secara otomatis. Google tetap memberikan pilihan pengguna untuk menonaktifkan fitur ini lewat pengaturan.

Bagi para publisher yang penasaran apakah website miliknya mengandung iklan manipulatif atau tidak bisa langsung cek melalui halaman yang telah disediakan oleh Google.  Chrome 71 saat ini masih dalam tahap beta untuk versi final direncanakan akan hadir di bulan Desember 2018.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES