in: News | November 17, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Gigabyte dan AMD Bawa Threadripper 2 Lebih Dekat ke Gamer dan Content Creator

Bulan Agustus 2018 lalu, AMD memperkenalkan prosesor Ryzen Threadripper 2nd Gen., yang merupakan prosesor high-end desktop (HEDT) terbaru mereka. Hingga saat ini, sudah ada 4 prosesor “Threadripper 2” yang dihadirkan AMD, dan untuk menyambut prosesor-prosesor tersebut, beberapa vendor motherboard menghadirkan motherboard dengan chipset X399 terbaru mereka, termasuk Gigabyte. Kemarin, di salah satu hotel di daerah Harmoni, Jakarta, Gigabyte dan AMD memperkenalkan motherboard X399 baru dan prosesor Threadripper 2 ke kalangan gamer dan content creator Indonesia.

Bapak Ridwan dari AMD (kiri) dan Bapak Benny dari NJT, distributor Gigabyte, di acara yang diberi judul “Content Creators Dream” ini.

Threadripper 2: Gamer dan Content Creator

Ryzen Threadripper 2nd Gen., dengan basis arsitektur Zen+, hadir sebagai prosesor HEDT yang lebih baik dari pendahulunya, dan oleh AMD ditujukan utamanya untuk gamer dan content creator. Threadripper 2 ini hadir dengan jumlah core mencapai 32 buah, dan terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas WX yang lebih ditujukan sebagai prosesor untuk personal workstation untuk kebutuhan profesional serta kelas X yang hadir sebagai prosesor kencang dengan jumlah core banyak untuk gamer dan enthusiast. Tentunya, Threadripper 2 ini tetap menggunakan soket TR4, seperti Threadripper generasi pertama, dan didukung chipset AMD X399. Namun, untuk menghadirkan pengalaman terbaik menggunakan Threadripper 2, termasuk untuk kelas WX, hadirlah motherboard TR4 baru, seperti yang diperkenalkan Gigabyte di acara tersebut.

Bapak Hans dari AMD menjelaskan apa keunggulan dari Threadripper 2nd Gen.

Gigabyte X399 Aorus Xtreme: Sang Penjinak Monster

Motherboard baru dari Gigabyte untuk menjinakkan Threadripper 2 yang diperkenalkan adalah X399 Aorus Xtreme. Motherboard ini hadir dengan banyak hal yang mendukung penggunaan prosesor HEDT dengan jumlah core banyak, seperi 10+3 IR Digital PWM untuk memenuhi kebutuhan daya stabil dari prosesor. Selain itu, tersedia juga fitur Dual Intel GbE LAN + AQUANTIA 10GbE LAN, NanoCarbon Base Plated, serta RGB Fusion untuk mempercantik tampilan motherboard.

Kami cukup beruntung mendapatkan kesempatan untuk mencoba motherboard tersebut beberapa waktu lalu. Bila Anda penasaran dengan penjelasan lebih rinci terkait apa saja yang ditawarkan motherboard baru itu, Anda bisa membaca artikel kami berikut ini: Hands-On Review Motherboard Gigabyte X399 Aorus Xtreme

Bapak Benny menjelaskan mengapa X399 Aorus Xtreme benar-benar cocok untuk Ryzen Threadripper 2nd Gen.

Gigabyte X399 Designare EX: Siap Penuhi Kebutuhan Content Creator

Selain X399 Aorus Xtreme, Gigabyte juga menghadirkan lagi X399 Designare EX, motherboard dengan warna yang “berbeda”, yang mereka tujukan untuk kalangan content creator. Motherboard ini tentunya juga telah siap disandingkan dengan Threadripper 2, bahkan hingga untuk Threadripper 2990WX, prosesor dengan 32C/64T. X399 Designare EX ini juga hadir dengan fitur-fitur pendukung pembuatan konten tingkat profesional, bahkan hingga dukungan penggunaan graphics card kelas profesional, seperti Quadro atau Radeon Pro.

Gigabyte juga mencoba mendemokan langsung kemampuan dari Threadripper 2 + X399 Designare EX ini untuk content creation, dengan mengundang content creator untuk salah satu tim organisasi eSports di Indonesia, RRQ, yaitu Bapak Yonathan. Prosesor Threadripper 2 yang digunakan benar-benar mampu menangani kebutuhan multitasking content creation, seperti untuk render video di Adobe Premiere, proses visual effect di Adobe After Effect, serta olah foto di Adobe Photoshop dalam waktu bersamaan. Hal tersebut dimungkinkan karena prosesor yang digunakan memiliki jumlah core dan thread yang sangat banyak, mampu memenuhi kebutuhan multitasking berat yang ada.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES