in: Display | November 16, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Monitor: LG 22MK400H

The Monitor

LG tampaknya tengah rajin dalam memproduksi beragam model monitor di kelas mainstream, khusus di MK Series. Setelah sebelumnya kami mengulas seri LG 24MK600M, kali ini kami kedatangan seri LG 22MK400H. Monitor ini merupakan sebuah monitor LCD dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dengan ukuran 22 inch. Perpaduan resolusi dan ukuran layar seperti itu membuat LG 22MK400H memiliki tingkat kerapatan piksel hingga mencapai 100 PPI (Pixels per Inch). Namun untuk varian 22MK400H ini, LG menyematkan panel layar TN (Twisted Nematic). Meski demikian, monitor ini sanggup menyajikan kualitas gambar yang baik. Bahkan pihak LG mengklaim kalau monitor ini mampu menghasilkan 16,7 juta warna dengan tingkat Color Gamut 72%.

Penggunaan panel TN memang tidak seluas panel IPS. LG 22MK400H memiliki viewing angle hingga 170°/160°, sehingga Anda akan merasakan adanya perubahan gradasi warna saat dilihat dari samping. Namun keunggulan dari panel TN ini adalah mampu menyajikan tingkat response time yang lebih cepat dibanding panel IPS, yaitu 2 millisecond (Grey to Grey).

Panel layar yang digunakan LG 22MK400H menggunakan anti glare, sehingga layarnya tidak memiliki sifat yang memantulkan bayangan serta memiliki tingkat ketahanan panel dalam skala kekerasan 3H . Saat digunakan, monitor LG 22MK400H akan memakan ruang seluas 62,4 x 46,9 x 20 cm saat ditempatkan dengan bobot sekitar 4,5 kg. Dimensi dan bobot tergolong normal, bahkan sangat ringan mengingat ukuran monitor LCD ini adalah 22 inch.

Untuk pemasangan monitor LG 22MK400H ini tergolong cukup mudah. Anda hanya akan membutuhkan sebuah obeng plus untuk memasang baut yang menyatukan basestand dengan monitor.

Basestand LG 22MK400H ini bisa dikatakan tidak terlalu istimewa dengan memiliki desain yang cukup standard. Meski begitu, basestand ini cukup baik dan kuat saat menopang monitor. Basestand LG 22MK400H hanya mengijinkan pengaturan kemiringan layar hingga sudut 20° ke arah belakang dan 5° ke arah depan. Pengaturan ketinggian dan kemiringan ke arah kanan/kiri memang tidak didukung oleh penopang layar. Desain dari penyangga kaki LG 22MK400H ini tampaknya berbeda dari beberapa monitor LG yang di pasaran yang memiliki ciri khas desain melengkung. Namun desain kaki penyangga tersebut terasa cukup kokoh, tetapi sayangnya tidak mampu menahan guncangan seperti sentuhan atau dorongan ringan, sehingga monitor mudah bergoyang.

Dari beberapa monitor LG yang sempat kami ulas sebelumnya, LG 22MK400H ini merupakan monitor yang tidak mengadopsi desain borderless frame. Di setiap sisi panel layar LG 22MK400H ini memiliki frame yang cukup tebal.

Pada sisi belakang LG 22MK400H tampak logo LG dan beberapa konektor di area tengah bawah. Menariknya, LG telah menyematkan fitur VESA mount 75 x 75, sehingga Anda bisa memasang monitor ini di dinding.

Tepat di bawah vesa mount wall, LG menyediakan konektor display D-Sub dan HDMI serta headphone audio jack 3.5mm pada monitor LG 22MK400H ini. Tidak mewah memang, tetapi mencukupi untuk mengakomodir PC lawas hingga PC modern sekalipun. Terdapat pula lubang kensington security slot untuk mengamankan monitor LCD ini.

Untuk operasional menu pada LG 22MK400H sama seperti monitor-monitor LG lainnya yang sudah menjadi ciri khas dengan mengandalkan satu tombol joystick pada sisi bawah tengah layar. Penggunaan tombol joystick memang menjadi keunggulan dari monitor ini, khususnya di semua jajaran monitor LG.

Pengoperasian menu menjadi sangat mudah dan begitu menyenangkan, bahkan tanpa perlu melihat tombol itu sendiri. Tidak ada lagi kerumitan pengoperasian menu akibat meraba-raba deretan tombol pada sisi tersembunyi monitor. Pengguna cukup mengarahkan tombol joystick ke empat arah untuk menggerakkan kursor pada menu dan menekan untuk melakukan konfirmasi. Tombol joystick ini juga berfungsi sebagai tombol power on/off. Sayangnya LG tidak menyematkan lampu indikator power pada monitor barunya ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES