in: Motherboard | November 16, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Review Motherboard Gigabyte X399 Aorus Xtreme

Tampilan Fisik

Gigabyte X399 Aorus Xtreme hadir dengan ukuran E-ATX 30.5 x 26.9 cm, motherboard ini berukuran sedikit lebih besar dari pendahulunya X399 Aorus Gaming 7. Motherboard ini sendiri sejak pertama kali lihat memiliki penampilan yang sangat menarik untuk kami, campuran antara warna PCB all black dilengkapi dengan beberapa heatsink/diffuser bewarna putih/silver. Campuran warna kontras tersebut meninggalkan impresi yang sangat baik untuk motherboard ini.

Sebagai motherboard high-end tentunya kehadiran sebuah I/O shroud sudah menjadi suatu kewajiban. Desain I/O shroud yang digunakan terbilang menarik, dengan ukuran besar, serta mengusung diffuser untuk menampilkan RGB Lighting. Warna I/O shroud ini adalah hitam dengan terdapat bagian plastik yang memberikan kesan brush aluminum. Tidak lupa juga terdapat tulisan Aorus pada I/O shroud.

R0GB lighting juga dapat terlihat di bagian audio motherboard ini. Gigabyte juga memberikan diffuser di bagian audio motherboard ini.

Kemudian, terdapat juga LED strip yang berada di sepanjang sisi kanan motherboard ini.

Kami sendiri cukup senang melihat RGB lighting di motherboard ini. Terhitung sejak motherboard Z370, RGB lighting ini semakin membaik. Perbaikan yang terjadi adalah semakin smooth-nya transisi warna dan semakin besarnya range warna RGB lighting. Dan yang terpenting adalah pada motherboard Aorus X399 Xtreme ini, RGB yang diberikan tidak berlebihan dan menurut kami kali ini RGB yang diberkan kepada motherboard X399 Aorus Xtreme adalah yang terbaik dibandingkan motherboard Gigabyte Aorus lainya.

Gigabyte X399 Aorus Xtreme ini mendukung konfigurasi memori Quad Channel, dengan 8 buah DIMM (2 DIMM per Channel). Dengan 8 DIMM slot maka motherboard ini akan mendukung kapasitas maksimal 128GB dan mendukung memori ECC un-buffered dan non ECC un-buffered.  Ke-8 DIMM slot memori ini dilindungi dengan metal shielding. Kecepatan tertinggi yang didukung motherboard ini adalah DDR4-3600. Sementara kecepatan yang secara resmi didukung oleh AMD Threadripper adalah DDR4-2933. Di atas kecepatan tersebut adalah resiko pengguan untuk menjalankanya.

Anda bisa menemukan QVL memori Gigabyte X399 Aorus Xtreme pada link ini: QVL Memori X399 Aorus Xtreme 2nd Gen Threadripper & QVL Memori X399 Aorus Xtreme 1st Gen Threadripper

Untuk sisi pasokan daya, motherboard ini menggunakan 24-pin ATX dan 2x 8-pin ATX 12v CPU. Baik di konektor 24-pin dan 8-pin, motherboard ini memberikan semua pin tersebut solid connector (pin yang lebih tebal) untuk mencegah terjadinyanya pin burn.

Kemudian di sisi kanan bawah motherboard ini, terdapat extra 6-pin PCIe power yang digunakan untuk memberikan daya extra untuk PCIe slot. Hal ini sangat diperlukan jika pengguna menjalankan lebih dari 2 VGA secara bersamaan.

Berikut ini adalah bagian belakang motherboard Gigabyte X399 Aorus Xtreme ini. Terdapat backplate TR4 yang berukuran sangat besar dan pada bagian belakang motherboard ini terdapat marker 8 layer PCB.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags: