in: Motherboard | November 21, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Review Motherboard Gigabyte Z390i Aorus Pro Wi-Fi

Tampilan Fisik

Gigabyte Z390i Aorus Pro Wi-Fi hadir dengan PCB matte black dengan seluruh komponen lain juga bewarna hitam/abu-abu. Kemudian, seluruh heatsink yang digunakan di motherboard ini memiliki warna abu-abu brush aluminum. Secara warna, walaupun sama-sama berwarna abu-abu, pilihan warna dari Gigabyte membuat motherboard ini memiliki warna yang cukup kontras antara board dan heatsinknya.

Gigabyte Z390i Aorus Pro Wi-Fi memiliki ukuran M-ITX, 170 mm x 170 mm.

Motherboard ini hadir tanpa I/O shroud plastik yang biasa kami jumpai pada berbagai motherboard high-end. Hal ini membuat kami cukup senang, karena untuk ukuran motherboard sekecil ini, menggunakan I/O shroud akan sangat memakan tempat. Sebagai pengganti I/O shroud, Gigabyte Aorus memilih opsi sebuah heatsink VRM extended yang ukurannya cukup besar, menjangkau ke bagian atas I/O port.

RGB lighting yang terdapat di motherboard ini sangatlah sederhana. RGB lighting hanya terdapat di sisi kanan motherboard dan di bagian bawah motherboard. Penempatan RGB lighting itu membuat kami merasa bahwa RGB lighting di motherboard ini hanya untuk memberikan ambient lighting pada casing saja.

Untuk motherboard M-ITX ini, terdapat 2 slot DIMM yang mendukung kecepatan maksimal hingga DDR4-4400 berdasarkan spesifikasi yang kami dapatkan di web: Gigabyte Z390i Aorus Pro Wi-Fi. Dan berikut ini adalah QVL memori untuk motherboard ini: Memory QVL.

Kapasitas maksimal memori yang didukung motherboard ini adalah 32GB untuk konfigurasi 2x16GB, dengan jenis Non-ECC Unbuffered DDR4. Kedua DIMM motherboard ini dilengkapi Gigabyte dengan Memory Armor untuk mencegah PCB bending saat pemasangan memori.

Gigabyte Z390i Aorus Pro Wi-Fi ini mendapatkan pasokan daya dari 24-pin ATX dan 8-pin ATX. Untuk setiap pin dari soket 24-pin dan 8-pin, Gigabyte menggunakan solid connector yang berarti bahwa setiap pin tersebut akan sedikit lebih tebal dari pin yang biasanya ditemukan. Hal ini merupakan upaya dari Gigabyte untuk mencegah pin burn.

Berkut ini adalah tampilan belakang PCB motherboard Gigabyte Z390i Aorus Pro Wi-Fi

Motherboard Z390i Aorus Pro Wi-Fi ini sendiri menggunakan PCB 8 layer untuk mendukung seluruh fitur yang ditawarkannya.

Jumlah fan header yang terdapat pada motherboard ini adalah 3 buah dengan ketiganya merupakan 4-pin fan header yang dapat berjalan pada mode PWM atau DC regulated. Ketiga fan header ini terletak pada bagian atas motherboard. Peletakan yang cukup effisien mengingat ini merupakan motherboard M-ITX.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags: