in: Notebook / Laptop | November 16, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

HP Home Planet 2018 – Mengintip Laptop/PC Unik dengan Bodi Kulit Asli

Pada gelaran HP Home Planet 2018 di kota Kuala Lumpur, Malaysia, HP memperkenalkan deretan laptop premium generasi terbaru mereka. Salah satu yang menarik perhatian adalah HP Spectre Folio 13 yang menghadirkan inovasi unik pada material bodinya. HP Spectre Folio 13 menggunakan material KULIT asli pada bodi luarnya. Tentu saja penggunaan material yang tidak biasa tersebut membuat HP Spectre Folio 13 diklaim sebagai laptop sekaligus PC pertama yang menggunakan material kulit untuk komponen bodinya. Umumnya, bodi laptop premium dibuat dari material logam ringan atau serat karbon.

Bodi luar HP Spectre Folio 13 memang dibuat sepenuhnya dari bahan kulit asli, tidak sekedar sebagai bagian yang ditempel pada bodi luar dari laptop yang sudah jadi. Walaupun begitu, HP Spectre Folio 13 tetap menggunakan material logam ringan untuk rangka dalam dimana komponen utama ditempatkan. Rangka dalam seperti itu membuat bodi HP Spectre Folio 13 kuat dan kokoh. Membuat HP Spectre Folio 13 terasa sebagai produk premium luar dalam.

Material kulit tidak hanya digunakan pada sisi luar laptop tetapi juga untuk area Palm Rest.

Engsel kedua ditengah layar membuat HP Spectre Folio 13 dapat dioperasikan tidak hanya pada mode Laptop tetapi juga Display dan Tablet. Mode Display sangat cocok digunakan untuk menonton video. Menonton lebih nyaman dengan posisi layar lebih dekat ke pengguna. Sementara mode Tablet cocok sekali digunakan untuk menulis dan menggambar. Tersedia pula HP Pen yang akan memudahkan aktivitas tersebut.

Dengan layar sentuh Full HD ukuran 13,3 inci, bodi HP Spectre Folio 13 terasa kecil dan ramping. Terlebih dengan bingkai layar yang cukup tipis membuat FootPrint terasa seperti laptop 12 inci. Ukuran keseluruhan bodi HP Spectre Folio 13 sendiri adalah sebesar 32 x 23,4 cm untuk sisi panjang dan lebar serta tebal 1,5 cm saja saat layar ditutup. Laptop ini ditenagai prosesor Core i 8th Gen “Amber Lake Y” dengan rating TDP 5 Watt sehingga dapat didinginkan tanpa menggunakan kipas. Alhasil tingkat kebisingan menjadi 0 dB. HP Spectre Folio 13 dilengkapi memori/RAM 8 GB dengan Storage SSD 256 GB.

HP Spectre Folio 13 menyediakan konektor 2X Thunderbolt 3.0 (40 Gbps), 1X Type-C USB 3.1 Gen 1, dan 1X 3,5 mm Audio Jack.

HP Spectre Folio 13 pun tidak hanya menyediakan konektivitas nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi ac tetapi juga 4G LTE. Terdapat slot SIM Card yang ditempatkan di dekat engsel layar kedua.

Motherboard yang digunakan HP Spectre Folio 13 tampak memiliki ukuran hanya sepersekian kecil dari luas keseluruhan area keyboard. Seluruh komponen utama seperti prosesor, memory/RAM, storage, tiga konektor Type-C USB, dan lainnya sukses dimampatkan pada PCB sekecil itu. Dengan motherboard sekecil itu HP dapat memanfaatkan area yang tersisa untuk menempatkan komponen baterai yang membuat laptop 2-in-1 ini mampu menawarkan daya tahan baterai hingga 18 jam.

Tags: