in: Highlights - News | November 9, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Next Horizon: AMD Singgung Zen 3, Zen 4, & MI-Next

AMD memang baru mengumumkan CPU baru dengan arsitektur Zen 2 dan litografi 7nm, dalam wujud EPYC “Rome”, serta merilis GPU Vega 7nm, dalam wujud Radeon Instinct MI60. Namun, perusahaan tersebut tampaknya sudah menyiapkan langkah mereka jauh lebih ke depan lagi. Di tengah presentasi di acara Next Horizon di San Francsico, terkait dua produk baru dengan litografi 7nm di atas, AMD sempat menyinggung sedikit terkait apa yang tengah mereka siapkan untuk produk mereka beberapa tahun ke depan.

CPU: Zen 3 dan Zen 4!

Di sisi CPU, prosesor Zen 2 memang baru diumumkan saja, bahkan masih belum dirilis ke pasar. Namun, sejak beberapa waktu lalu, AMD sudah mulai menggarap penerus dari Zen 2 ini, yaitu Zen 3. AMD menyebutkan bahwa sejauh ini pengembangan Zen 3 telah berjalan sesuai dengan rencana, bahkan mereka yakin bisa memenuhi target, menepati janji terkait waktu rilis Zen 3.

Di ranah data center, Zen 3 nantinya akan hadir sebagai EPYC “Milan”, yang akan jadi penerus EPYC “Naples” dan EPYC “Rome”. Zen 3 akan menggunakan litografi 7nm+, dan seharusnya juga akan hadir sebagai prosesor desktop. Berdasarkan rencana, prosesor Zen 3 akan dirilis tahun 2020 mendatang.

Sebagai penerus Zen 3, AMD sudah menyebutkan bahwa mereka telah mulai menggarap Zen 4. Saat ini, Zen 4 tengah berada dalam fase desain, sehingga masih belum ada info apapun yang bisa dibagikan AMD terkait arsitektur itu. Belum diketahui, apakah nantinya arsitektur itu akan menggunakan litografi yang lebih modern lagi.

GPU: Siapkan MI-Next

Sementara untuk GPU data center, AMD sudah menyiapkan apa yang mereka sebut sebagai MI-Next. MI-Next ini tentunya merujuk ke penamaan Radeon Instinct, di mana mereka menyebut produk dari lini ini dengan kode “MI”, seperti Mi60 dan MI50 yang baru dirilis. MI-Next ini disebut akan menawarkan performa yang lebih baik, dengan konektivitas yang lebih baik lagi, tetapi tetap menawarkan kompatibilitas dari sisi software yang sama dengan yang ada saat ini.

Terkait MI-Next ini, berbeda dengan CPU yang kemungkinan besar juga akan mereka gunakan di desktop, AMD tampaknya akan memisahkan pengembangan GPU desktop dari data center, karena terlihat adanya arah kebutuhan yang berbeda. Sayang sekali, di Next Horizon ini, AMD tidak menyinggung GPU desktop sama sekali. Hal ini wajar, karena acara ini sendiri memang lebih ditujukan untuk produk data center mereka.

Tags: