in: News | November 7, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Next Horizon: AMD Umumkan Beberapa Hal Menarik!

 

Hari ini, atau tepatnya pagi Selasa, 6 Nov 2018 di San Francisco, AS, AMD, yang kita kenal sebagai prosesor ternama, menggelar acara yang diberi tajuk Next Horizon. Tentu saja, ada pengumuman menarik yang akan diberikan AMD, ke ratusan perwakilan media dan analis dari seluruh dunia. Pengumuman terkait apa itu? Tim Jagat Review mendapat kesempatan dari AMD untuk mendengarkan langsung pengumuman tersebut!

Memecahkan Masalah Terberat Dunia

Fokus utama AMD di acara Next Horizon ini adalah data center. Jadi, mereka akan lebih banyak membahas produk-produk baru mereka di ranah data center, yang pastinya menarik walaupun mungkin akan lebih jarang kita jumpai sehari-hari. Tentu saja, apa yang mereka umumkan hari ini adalah penerus dari solusi data center yang telah mereka umumkan tahun 2017 lalu, termasuk EYPC dan Radeon Instinct baru.


Lisa Su, CEO AMD, menyebutkan bahwa di era saat ini data center merupakan sebuah pusat sistem yang menyangkut banyak sekali aspek, membutuhkan pendekatan yang berbeda dari beberapa tahun lalu. AMD coba menanggapi kebutuhan data center modern dengan inovasi yang merupakan buah dari sebuah proses panjang, di mana inovasi itu disebut merupakan upaya mereka untuk memecahkan masalah terberat dunia, yaitu kebutuhan akan sistem yang bisa “berpikir” untuk mendukung berbagai hal. Di ranah itu, AMD punya solusi yang memadai, serta ada pula solusi baru yang mereka siapkan, untuk terus bisa memantapkan posisi mereka di data center atau high-performance computing.

Kerja Sama dengan Amazon

Sejak merilis EYPC, serta Radeon Instinct, tahun lalu, AMD berhasil membawa diri mereka melaju kencang di data center dan high-performance computing. Selama sekitar 15 bulan sejak perilisan EPYC, prosesor itu sudah masuk dalam berbagai produk untuk data center dari perusahaan-perusahaan terdepan. Di Next Horizon ini, AMD mengumumkan AWS (Amazon Web Services) juga menawarkan produk dengan basis AMD EPYC.

Matt Garman, VP Compute Servicea AWS, menyebutkan bahwa pelanggan mereka menginginkan solusi yang menawarkan fleksibilitas pilihan serta biaya yang bisa dikatakan kompetitif, rendah tapi bukan berarti solusi asal-asalan. Karena hal itu dimungkinkan oleh EPYC, AWS membawa prosesor itu ke dalam 3 tawaran Amazon Elastic Compute Cloud mereka, yaitu R5a, M5a, dan T3a, di mana EPYC membawa aspek keamanan, reliabilitas, dan performa yang diinginkan pengguna layanan AWS. Di sini, terlihat bahwa AMD telah menjadi satu pemain yang sangat kompetitif di data center.

Fabrikasi 7 nm: di CPU Zen 2 dan GPU

Melanjutkan apa yang sudah mereka lakukan untuk membuat mereka menjadi kompetitif di ranah high-performance computing, AMD sudah menyiapkan senjata baru. Di acara ini, AMD menyebutkan beberapa hal terkait apa yang akan mereka tawarkan dalam waktu dekat ini, termasuk EPYC baru, dengan 7 nm dan Zen 2. Selain itu, AMD juga mengusung Radeon Instinct baru, juga dengan 7 nm, sebagai accelerator baru yang menawarkan kemampuan yang bisa memenuhi kebutuhan data center “pintar” yang sesuai tuntutan dan tantangan yang ada, saat ini dan ke depan nanti.

Beberapa detail yang sudah dibagi AMD terkait produk dengan fabrikasi 7 nm mereka akan kami bahas sedikit lebih detail di artikel terpisah. Sejauh ini, walaupun pengumuman kali ini lebih dititik-beratkan ke produk untuk data center, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat AMD juga mengumumkan jajaran produk desktop mereka yang hadir dengan hal-hal baru ini. Mari kita tunggu saja!

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES