in: News | November 20, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Oracle Siap Dukung Roadmap Pemerintah “Menuju Indonesia 4.0”

Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan roadmap “Menuju Indonesia 4.0” awal tahun ini. Tujuannya untuk membuat Indonesia siap menuju Industri 4.0 dan mengubah Indonesia menjadi ekonomi yang inklusif dan siap menghadapi masa untuk menjadi ekonomi terbesar ke-4 di dunia. Kontribusi terbesar dari roadmap tersebut adalah keputusan yang dibuat oleh teknologi yang menggabungkan kecerdasan buatan dan machine learning.

Dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah, Oracle melihat bahwa program tersebut tampaknya memiliki visi dan misi yang sama, yakni mengembangkan serta membantu pertumbuhan bisnis di Indonesia. Oracle yang merupakan salah satu pemain besar dalam menyediakan layanan cloud berbasis SaaS (Software as a Service) siap dalam mendukung program pemerintah tersebut.

Iman Muhammad, Kepala Aplikasi untuk Oracle Indonesia

Oracle sendiri saat ini terus memperbarui teknologinya termasuk Oracle cloud, di antaranya adalah kecerdasan buatan (AI), Machine Learning, Blockchain, IoT (Internet of Thing) dan interaksi antar manusia. Iman Muhammad, selaku Kepala Aplikasi untuk Oracle Indonesia menjelaskan, “Meningkatnya pengguna smartphone saat ini telah berdampak pada meningkatnya pengguna internet yang disertai hadirnya beragam aplikasi untuk memudahkan penggunanya. Contoh seperti penggunaan media sosial, transaksi online, dan lain sebagainya, yang akhirnya semua hal itu berdampak pada pertumbuhan data yang signifikan”.

Oleh karena itu, perusahaan dan juga pemerintah harus saling berkolaborasi dalam memanfaatkan pertumbuhan data agar bisa menjadi kunci utama menuju Indonesia 4.0. Oracle menyebutkan ada solusi mereka yang bisa diaplikasikan untuk program Menuju Indonesia 4.0, di antaranya Oracle Enterprise Resource Planning (ERP) Cloud dan Enterprise Performance Management (EPM) Cloud. Solusi ini merupakan inovasi berbasis pembelajaran mesin terbaru yang memberikan wawasan yang cepat, berdasarkan data yang dapat memberdayakan para CFO untuk merangkul model bisnis baru, memanfaatkan peluang baru di pasar.

Iman pun berpendapat bahwa tingkat kesadaran akan pemanfaatan cloud di Indonesia seiring waktu kini makin meningkat. Para pebisnis kini telah menyadari akan tingkat efisiensi yang baik bagi perusahaan dalam mengadopsi cloud. Dengan memanfaatkan Oracle ERP cloud di sebuah organisasi dari semua ukuran, bisa dengan cepat dan mudah untuk memanfaatkan inovasi terbaru yang berkembang saat ini seperti AI, asisten digital, blockchain dan IoT. Pemanfaatan teknologi tersebut akan memungkinkan peningkatan produktivitas, mengurangi biaya dan meningkatkan kontrol.

Oracle dapat diposisikan secara unik untuk membantu pelanggan menghubungkan data dan proses di seluruh organisasi untuk mendorong hasil bisnis yang lebih baik. Fokus Oracle adalah memberikan dampak bisnis langsung dari inovasi terbaru yang memberi pelanggan keunggulan kompetitif yang signifikan. Di Indonesia, Oracle telah bekerja secara intensif dengan sejumlah perusahaan lokal yang telah menerapkan kombinasi aplikasi Oracle termasuk ERP dan Oracle Cloud Platform untuk menjalankan bisnis mereka.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES