in: News | November 13, 2018 | by: Friska Suryawinata

Pengarang Captain America, Stan Lee, Tutup Usia di 95 Tahun

Tanggal 12 November 2018 waktu Los Angeles, Amerika Serikat, pihak Marvel dan Walt Disney serta segenap keluarga yang berduka menyatakan kepergian Stan Lee yang telah tutup usia di 95 tahun. Meninggal dunianya sang legenda ini dikonfirmasikan oleh Kirk Schenck, pengacara anak perempuannya, J. C. Lee. Dinyatakan juga bahwa Stan Lee telah berpulang ketika berada di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles.

“Stan Lee adalah orang yang mengagumkan seperti para karakter komik buatannya. Seorang pahlawan super yang telah diakui oleh seluruh fans Marvel di seluruh dunia. Stan punya kekuatan untuk menginspirasi, untuk memberikan hiburan, dan untuk terhubung dengan orang lain. Skala imajinasinya hanya bisa disaingi oleh kebesaran hatinya,” tutur Bob Iger, Chairman dan CEO dari Walt Disney Company dalam berita resmi di situs Marvel.com untuk Remembering Stan Lee.

Lahir dengan nama asli Stanley Martin Lieber sebelum akhirnya mengambil nama pena yang sudah dikenal hingga kini, Stan Lee memulai karirnya sebagai asisten komik di Timely Comics sebelum akhirnya berubah nama menjadi Marvel Comics.
Sepanjang perjalanan karirnya, Stan Lee telah membuat begitu banyak komik beserta karakter-karakter uniknya yang masih populer hingga saat ini, salah satunya adalah Captain America. Bersama dengan Jack Kirby, Lee juga turut membangun Fantastic Four, X-Men, Hulk, Thor, Iron Man, dan lain sebagainya. Kirby dan Lee juga akhirnya menyatukan seluruh pahlawan super mereka tergabung di dalam tim bernama The Avengers. Tidak hanya bersama Kirby, Lee juag bekerja sama dengan banyak artis ternama lainnya seperti Bill Everett untuk Daredevil, serta Steve Ditko untuk Doctor Strange dan Spider-Man yang menjadi salah satu karakter Marvel terpopuler hingga saat ini.

Di usianya yang semakin menua, setelah menjabat sebagai editor-in-chef untuk Marvel Comics, publisher hingga chairman, Stan Lee menjabat sebagai Chairman Emeritus dan masih aktif terlibat dalam bisnis komik serta korporasi multimedia hingga saat ini. Salah satu perannya yang menggelitik para fans adalah cameo yang diperankan oleh dirinya sendiri sebagai “The Watcher” di setiap film Marvel yang ada, mulai dari serial televisi maupun layar lebar. Salah satu cameo paling terakhir yang bisa dilihat oleh penonton, ada di dalam film layar lebar Venom. Peran cameo dirinya juga hadir di dalam video game Marvel’s Spider-Man untuk PlayStation 4.

Stan Lee telah meraih penghargaan atas karya-karyanya tersebut seperti di antaranya Will Eisner Award Hall of Fame di tahun 1994, Jack Kirby Hall of Fame di tahun 1995, serta National Medal of Arts di 2008.

“Segenap pihak Marvel dan seluruh Walt Disney Company menghormati dan mengenang kehidupan dan karir dari Stan Lee, serta berterima kasih atas prestasi yang tak bisa dibandingkan di setiap aspek. Setiap kali Anda membuka Marvel Comic, Stan akan selalu di sini.”

Rest in Peace, Stan Lee. Excelsior!

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES