in: HSF - Cooling Devices | November 28, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Preview Watercooling AIO Corsair Hydro Series H115i RGB Platinum

Awal bulan November 2018 ini, Corsair memperkenalkan dua perangkat pendingin baru mereka, dari lini Hydro Series, yaitu H100i RGB Platinum dan H115i RGB Platinum. Melihat nama kedua perangkat tersebut, kita seharusnya sudah bisa menebak bahwa salah satu fitur unggulan yang ditawarkan keduanya adalah tata cahaya dari RGB LED. Ya, Corsair memperbarui RGB LED di perangkat pendingin mereka, sehingga memiliki tampilan yang lebih baik dari sebelumnya. Corsair menyebutkan bahwa keduanya merupakan produk pendingin pertama mereka yang menawarkan RGB LED di waterblock/pump serta kipas.

Tidak lama setelah memperkenalkan kedua perangkat Hydro Series tersebut, Corsair langsung mengirimkan Hydro Series H115i RGB Platinum ke tim Jagat Review untuk kami uji. Kali ini, kami akan terlebih dahulu membahas secara singkat perangkat tersebut dalam artikel preview kali ini. Mari kita mulai dengan membahas apa saja yang disertakan Corsair di paket penjualan Hydro Series H115i RGB Platinum tersebut.

Paket Penjualan

Corsair menggunakan desain kemasan dengan warna hitam dan kuning, yang memang khas dengan berbagai produk mereka beberapa tahun belakangan ini. Kemasan paket penjualan dari Hydro Series H115i RGB Platinum ini sendiri terbilang berukuran cukup besar. Ukuran besar ini terbilang wajar karena pendingin ini sendiri memang hadir dengan radiator yang besar, dengan panjang 280 mm. Berikut ini adalah perlengkapan pendukung penggunaan watercooling ini yang disertakan Corsair di dalam kemasan paket penjualan:

  • 2x kipas ML PRO RGB Series PWM 140mm
  • 1x Intel backplate
  • 1 set AMD AM3/AM4 mounting bracket
  • 1 set AMD TR4 mounting bracket
  • 4x standoff untuk Intel LGA 115x/1366
  • 4x standoff untuk Intel LGA2011/2066
  • 4x standoff untuk AMD TR4
  • 16x baut mounting kipas ke radiator
  • 8x baut radiator (untuk pemasangan ke casing)
  • 8x washer untuk baut radiator
  • 4x thumbscrew
  • 2x AMD screw clip
  • 1x kabel Corsair iCUE
  • 1 set buku manual & informasi garansi

Selain itu, terdapat juga 1 set Intel LGA 115x/1366 mounting bracket yang telah terpasang ke waterblock dari Hydro Series H115i RGB Platinum. Jajaran perlengkapan tersebut membuat pengguna bisa menggunakan perangkat pendingin yang satu ini untuk semua platform modern, baik dari Intel maupun AMD, yang ada saat ini. Bahkan, Corsair pun menyediakan mounting yang membuat perangkat ini bisa digunakan di AMD TR4 untuk Ryzen Threadripper.

Di paket penjualan ini, Corsair tidak menyertakan thermal paste. Namun, itu bukan berarti kita harus membeli thermal paste sendiri. Corsair sudah mengaplikasikan thermal paste di dasar waterblock, sehingga untuk pemasangan pertama perangkat ini ke sistem, kita tidak perlu membeli thermal paste sendiri. Walaupun begitu, hal ini hanya berlaku untuk pemasangan pertama saja.

Terlepas dari thermal paste tersebut, paket penjualan dari Hydro Series H115i RGB Platinum ini bisa dikatakan cukup lengkap. Satu hal yang membuat kami tidak bisa menyebutnya sangat lengkap adalah tidak ada tool yang bisa digunakan untuk membantu pemasangan baut dari perangkat pendingin ini, seperti obeng, dalam paket penjualan. Memang, sebagian besar baut yang dibutuhkan untuk perakitan perangkat ini bisa dipasang tanpa membutuhkan obeng. Namun, tetap saja ada baut yang membutuhkan obeng (+), seperti baut mounting kipas ke radiator dan baut radiator.

Corsair Hydro Series H115i RGB Platinum

Seperti yang kami sebutkan di atas, radiator dari Hydro Series H115i RGB Platinum ini berukuran 280 mm, dengan ketebalan 27 mm. Radiator tersebut memiliki mounting untuk kipas 140 mm. Corsair menempatkan logo mereka di frame radiator ini, di bagian samping.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Corsair, radiator ini dibangun dari bahan aluminum. Fin di radiator ini terbilang rapat, yang bila diperlakukan dengan benar bisa menawarkan potensi pendinginan yang lebih baik, seperti dengan menggunakan kipas dengan static pressure tinggi. Oleh karena itu, Corsair menyertakan kipas ML PRO RGB Series PWM 140mm mereka di paket penjualan Hydro Series H115i RGB Platinum ini.

Kipas ML PRO RGB Series PWM 140mm sendiri memang disebut Corsair sebagai kipas dengan fokus di static pressure. Berdasarkan halaman spesifikasi produk di situs Corsair, kipas itu menawarkan static pressure hingga 1.27 mmH2O. Empat buah RGB LED terdapat di bagian tengah dari kipas tersebut, yang bisa membuat kipas menampilkan tata cahaya yang menarik. Terdapat dua kabel yang terpasang ke kipas ini, satu untuk pasokan daya, dengan konektor 4-pin PWM, serta satu untuk kontrol RGB LED.

Secara keseluruhan, radiator Hydro Series H115i RGB Platinum ini bisa menampung hingga empat kipas140 mm, dua di masing-masing sisi. Memang, di paket penjualan perangkat ini hanya ada 2 kipas saja. Namun, Corsair menyediakan hingga 16 buah baut mounting kipas, sehingga bila pengguna merasa membutuhkan penggunaan hingga empat buah kipas, mereka bisa membeli dua kipas lagi dan memasangnya ke radiator tanpa harus mencari baut tambahan atau mengorbankan baut untuk kipas-kipas lain.

Untuk waterblock/pump, Corsair menggunakan desain baru, di mana bagian atasnya dilengkapi dengan 16 buah RGB LED, yang disusun mengitari logo Corsair yang ada di bagian tengah. Base dari waterblock (cold plate), menggunakan bahan copper. Secara standar, Corsair sudah memasang mounting kit untuk Intel LGA 115x/1366 ke waterblock. Mereka juga menyediakan plastik pelindung base dengan desain sesuai dengan pola ketika mounting kit itu terpasang, untuk melindungi base beserta thermal paste yang sudah diaplikasikan ke base, selama berada dalam kemasan.

Terdapat beberapa kabel yang terpasang ke waterblock ini, yang terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama terdiri dari dua konektor, yaitu SATA Power (M) dan 3-pin. Konektor 3-pin ini harus dihubungkan ke konektor CPU Fan di motherboard untuk memberitahu sistem bahwa ada kipas yang terpasang, karena sistem pendingin ini tidak menggunakan konektor 3-pin/4-pin sebagai sumber dayanya, tetapi melalui konektor SATA Power.

Sementara untuk kelompok kedua, terdapat dua konektor fan 4-pin PWM yang dapat digunakan untuk memasok daya ke dua kipas radiator yang tersedia. Sedangkan untuk kelompok terakhir, berisi dua konektor untuk kontrol RGB LED. Satu konektor fan 4-pin dan satu konektor kontrol RGB LED diberi label “1” oleh Corsair, untuk membantu pengguna mengidentifikasi kabel dari kipas dengan mudah.

Masih terkait dengan waterblock, terdapat satu konektor Micro USB di salah satu sisi samping waterblock. Konektor tersebut digunakan untuk menghubungkan kontrol iCUE ke sistem, melalui kabel yang dihubungkan ke header USB 2.0 di motherboard. Melalui kabel tersebut, pengguna bisa melakukan kontrol efek tata cahaya RGB LED, kecepatan putar kipas, dan lain sebagainya melalui aplikasi iCUE.

Beralih ke tube yang menghubungkan waterblock/pump ke radiator, Corsair menawarkan tube yang dibalut dengan sleeve yang membuatnya terlihat rapi. Tube ini menurut kami tidak kaku, sehingga cukup membuat pengaturan posisi radiator dan waterblock saat sistem akan dipasang ke dalam casing cukup mudah. Panjang tube tersebut mencapai sekitar 40 cm, yang menurut kami terbilang memadai.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: