in: Highlights - Notebook / Laptop | November 6, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook AMD Ryzen: ASUS VivoBook 15 X505ZA

The Notebook

Walaupun tergolong produk kelas Entry Level dengan harga jual ekonomis, siapa menyangka ASUS VivoBook 15 X505ZA tetap mampu menghadirkan penampilan yang cantik dan elegan. Desain bodi khas VivoBook Series memang terasa kental sekali pada produk yang satu ini dengan sudut-sudut membulat. Untuk material bodi, ASUS VivoBook 15 X505ZA menggunakan bahan plastik.

Penggunaan layar besar ukuran 15,6 inci menjadi salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh ASUS VivoBook 15 X505ZA. Tingkat resolusi layar sebesar 1366 x 768 piksel dengan tipe panel TN (Twisted Nematic). Penggunaan panel TN memang membuat warna yang ditampilkan dan Viewing Angle tidak sebaik panel IPS. Akan tetapi untuk sebuah laptop dengan kisaran harga jual 6 jutaan rupiah, cukup masuk akal jika ASUS VivoBook 15 X505ZA menggunakan tipe panel seperti itu.

Menariknya meskipun menggunakan layar ukuran besar, implementasi desain NanoEdge Display dengan Ultra Narrow Bezel sebesar 7,7 mm membuat ASUS VivoBook 15 X505ZA terasa seperti laptop layar 14 inci dengan ukuran bodi hanya sebesar 36,14 x 24,35 cm. Sementara tebal bodi ASUS VivoBook 15 X505ZA saat layar ditutup hanya sebesar 1,89 cm saja. Tergolong cukup kecil dan ringkas untuk sebuah laptop dengan layar 15,6 inci. Menariknya, bobot laptop ini juga cukup ringan hanya sekitar 2 kilogram saja saat dibawa bersama perangkat Charger.

Kelengkapan konektor ASUS VivoBook 15 X505ZA mencakup 1X DC-IN, 1X Gigabit Ethernet (RJ45), 1X HDMI, 1X USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan 1X Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) pada sisi kiri laptop.

Sementara pada sisi kana bodi dapat ditemukan SD Card Reader, 1X Headphone Microphone Combo Jack, 2X USB 2.0, dan lubang Kensington Security Lock.

ASUS VivoBook 15 X505ZA menggunakan Full-Sized Keyboard tanpa menyertakan tombol NumPad seperti cukup jamak ditemukan pada laptop dengan layar 15,6 inci. Keyboard ASUS VivoBook 15 X505ZA terasa empuk saat ditekan dengan Travel Distance pendek. Meskipun posisi TouchPad tidak sejajar persis dengan tombol SpaceBar dan agak ke kanan, hal tersebut tidak terlalu mengganggu kenyamanan mengetik. Tangan kanan masih dapat menjangkau tombol huruf dengan mudah saat mengetik. Keyboard tidak dilengkapi lampu Backlit yang dapat membantu mengetik pada kondisi gelap.

Keyboard ASUS VivoBook 15 X505ZA memiliki kolom tombol tambahan untuk fungsi Home, End, Page Up, Page Down yang memudahkan navigasi saat membaca dokumen atau Website, tanpa perlu menekan tombol Fn untuk mengakses fungsi tersebut. Keyboard ASUS VivoBook 15 X505ZA sendiri dilengkapi dua tombol Fn (Function) pada sisi sebelah kiri tombol WIndows dan sebelah kanan tombol panah.

Pada sisi bawah laptop ditempatkan lubang ventilasi tempat masuknya udara segar ke sistem pendingin dan tempat keluarnya suara Speaker. ASUS VivoBook 15 X505ZA dilengkapi dua buah Speaker yang ditempatkan pada sisi depan laptop.

Lubang ventilasi pembungan udara panas diarahkan ke belakang. Tangan menjadi aman dari semburan udara panas dan membuat posisi Heatsink Fins jauh dari area keyboard.

Perangkat penyuplai daya ASUS VivoBook 15 X505ZA mampu menyuplai daya hingga 90 Watt. Ukuran tergolong kecil meskipun masih terasa kurang praktis dengan konfigurasi dua kabel. Laptop ini dilengkapi fitur Fast Charging yang diklaim mampu mengisi 60% kapasitas baterai dalam waktu 49 menit.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES