in: News | November 9, 2018 | by: Tim Jagat Review

Seagate Tampilkan Roadmap Hard Disk Terbaru Targetkan 100TB di 2025

Perkembangan media penyimpanan baik itu untuk PC Desktop maupun laptop lambat laun mulai beralih dan sebagian menuju SSD.  Performa yang lebih kencang serta perawatan yang minim menjadi alasan utama pengguna PC Desktop dan laptop dalam memilih SSD, Sedangkan Hard Disk masih digunakan namun sebagian besar pengguna memanfaatkannya untuk menyimpan file berukuran besar seperti game maupun video.

Seagate sebagai salah satu produsen media penyimpanan ternama belum lama ini diberitakan telah merilis roadmap dari hard disk yang akan dirilis ke depannya.  Pada roadmap tersebut, Seagate memfokuskan pada pembahasan HAMR.

HAMR (Heat-Assisted Magnetic Recording) merupakan teknologi hard disk terbaru yang memungkinkan hadirnya hard disk dengan kapasitas lebih besar dibandingkan hard disk konvensional. HAMR bekerja menggunakan teknologi laser terbaru yang berukuran lebih kecil sehingga mampu menulis data per keping disk lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Berdasarkan roadmap yang ditampilkan, Seagate merencanakan akan merilis hard disk konvensional berkapasitas 16TB terlebih dulu di tahun 2019. Produksi hard disk berbasis teknologi HAMR baru dimulai pada tahun 2020 dengan kapasitas 20 TB.  Kapasitas hard disk tersebut akan terus meningkat secara signifikan tiap tahunnya dengan target utama mencapai 100TB di tahun 2025.

Teknologi HAMR sayangnya disertai kehadiran permasalahan waktu riset yang lama.  Hal ini dikarenakan membutuhkan teknologi laser, keping disk serta peralatan produksi yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Kabar baiknya, Seagate berhasil memecahkan masalah ini dan akan merilis hard disk berbasis teknologi HAMR di tahun 2020.

Tags: