in: News | November 6, 2018 | by: Tim Jagat Review

SK Hynix Rilis Chip 4D NAND, Mampu Tingkatkan Performa dan Efisiensi

SK Hynix dikenal sebagai produsen semikonduktor yang aktif dalam pembuatan chip penyimpanan data DRAM dan juga NAND. Produk NAND yang dikembangkan oleh SK Hynix cukup popular digunakan di perangkat SSD, dan kini produsen tersebut melakukan inovasi dengan mengembangkan chip NAND terbaru.

Belum lama ini, Sky Hynix dikabarkan telah merilis produk NAND terbaru yakni 4D NAND.  Sesuai namanya, produk tersebut akan menjadi penerus dari 3D NAND 72 Layer yang digunakan banyak SSD di pasaran saat ini. 4D NAND yang dikembangkan SK Hynix memiliki 96 Layer dengan kapasitas per chip mencapai 512Gb dengan menggunakan teknologi 3D CTF (Charge Trap Flash) dan PUC (peri. under cell).

Penggunaan teknologi baru tersebut menghasilkan ukuran chip 30% lebih kecil dengan peningkatan kapasitas NAND mencapai hingga 49%. Performa dari chip 4D NAND juga telah ditingkatkan. SK Hynix mengklaim kecepatan I/O bandwidth yang dihadirkan mencapai 1.200 Mbps dengan membutuhkan daya hanya 1.2V saja. Kecepatan baca tulis juga ditingkatkan, sayangnya pihak Sky Hynix tidak menyebutkan berapa hasilnya.

SK Hynix menyebutkan akan menghadirkan produk SSD berbasis 4D NAND menjelang akhir tahun 2018 untuk pasar konsumer. SK Hynix akan menggunakan kontroler SSD rancangan sendiri dan menghadirkan kapasitas hingga 1 TB.  Untuk SSD berbasis 4D NAND di pasar enterprise direncanakan akan hadir pada tahun 2019.

Pada kesempatan yang sama SK Hynix juga mengumumkan pengembangan NAND berbasis 96-layer 1Tb TLC (Triple Level Cell) dan QLC (Quad Level Cell) yang akan dirilis pada tahun 2019.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES