in: News | December 18, 2018 | by: Yufianto Gunawan

ASUS Siap Bawa ZenBook Terbaru ke Indonesia

Bulan Agustus 2018 lalu, ASUS mengajak perwakilan media dari Indonesia, termasuk Jagat Review, untuk berkenalan dengan produk ZenBook terbaru mereka. Acara perkenalan tersebut digelar di Taipei, Taiwan, di kantor pusat ASUS sendiri. Kini, beberapa bulan setelah acara perkenalan tersebut, laptop ZenBook tersebut disebut siap dihadirkan oleh ASUS ke Indonesia!

Perwakilan ASUS saat menjelaskan apa daya tarik dari ZenBook baru ini.

ZenBook Baru yang Ringkas

ZenBook yang akan segera dihadirkan ASUS tersebut hari ini ditampilkan untuk pertama kalinya di Indonesia. ASUS menyebut lini ZenBook terbaru ini, yang mengusung kode UX333, UX433, dan UX533 ini, sebagai laptop 13″, 14″, dan 15″ dengan ukuran paling ringkas di dunia. Di hadapan perwakilan media yang hadir ke acara yang digelar di daerah Menteng, Jakarta tersebut, perwakilan dari ASUS menjelaskan kunci kenapa lini ZenBook baru ini bisa memiliki ukuran ringkas.

Ukuran ZenBook UX333 bila dibandingkan dengan ZenBook generasi sebelumnya.

Salah satu kunci utama ukuran ringkas tersebut adalah layar NanoEdge Display, dengan bezel tipis di keempat sisi layar. Ya, bukan hanya sisi kiri-kanan layar saja, ASUS membuat bezel atas-bawah layar juga tipis di lini laptop ini. Namun, menariknya, hal tersebut tidak membuat ASUS harus mengorbankan kamera. Mereka tetap menghadirkan IR Camera, yang mendukung Windows Hello, ditempatkan di bezel atas layar yang tipis itu! ASUS mengklaim bahwa varian dengan layar 13.3″, UX333, akan memiliki screen-to-body ratio mencapai 95%.

Galip, dari ASUS, menunjukkan mengapa ZenBook baru bisa memiliki bezel atas yang juga tipis.
Ini dia kuncinya!

Lebih Kencang dengan Whiskey Lake

Selain membuat ZenBook UX333, UX433, dan UX533 ini lebih ringkas dari pendahulunya, ASUS juga menghadirkan spesifikasi yang lebih baru, yang membuatnya menawarkan performa lebih baik dari pendahulunya, dengan prosesor Intel “Whiskey Lake”. ASUS menawarkan Core i5-8265U dan Core i7-8565U sebagai prosesor di lini ZenBook ringkas tersebut, dengan RAM hingga 16 GB dan storage hingga SSD PCIe 512 GB. Di lini laptop ini juga, menariknya, ASUS tetap menghadirkan pengolah grafis diskrit, yaitu GeForce MX150 untuk UX333 dan UX433, serta GeForce GTX 1050 Max-Q untuk UX533.

Untuk menjinakkan suhu dari CPU dan GPU, ASUS harus menggunakan sistem pendingin yang mumpuni, yang bisa menjaga suhu operasi tetap berada di rentang yang aman, di sebuah laptop tipis ini. Mereka coba menghadirkan pendingin baru, dengan ketebalan 4 mm, dengan kipas yang memiliki 75 bilah kipas. Menariknya, untuk varian UX333 dan UX433, sistem pendingin tersebut bisa diatur untuk beroperasi di mode Quiet Fan, sehingga pengguna tidak terganggu dengan suara kipas saat menggunakan laptop tersebut.

Aneka Fitur Penambah Daya Tarik

Di ZenBook UX333, UX433, dan UX533 tersebut, ASUS kembali menawarkan ErgoLift Hinge, di mana bagian dasar laptop akan terangkat oleh bagian dari layar, sehingga membentuk sudut 3°. Hal ini disebut membuat sistem pendingin bisa bekerja lebih optimal, serta membantu menghadirkan suara yang lebih baik dari speaker Harman Kardon yang digunakan. Ada juga touchpad dengan NumPad, yang disebut oleh ASUS sebagai NumberPad, yang hadir di UX333 dan UX433. Tidak ketinggalan, ASUS menawarkan I/O yang cukup lengkap di ketiga laptop ZenBook baru itu, dengan tersedianya 2 USB Type A, 1 USB Type C, serta port HDMI dan audio.

Lini ZenBook baru ini akan resmi diperkenalkan di Indonesia bulan Januari 2019 mendatang. Sehingga, di acara kali ini, ASUS belum mengumumkan harganya. Namun, mereka menjanjikan bahwa lini ZenBook yang hadir dengan sertifikasi MIL-STD 810G ini akan hadir sebagai lini laptop yang menarik. Mari kita tunggu saja perkenalan resmi laptop ini di Indonesia!

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES