in: Highlights - Notebook / Laptop | December 3, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Bikin Kerja Laptop Gaming Omen by HP 15 2018 Lebih Dingin dengan Cara Mudah Seperti Ini

Walaupun telah cukup lama ada di pasaran, tidak terkecuali di Indonesia, perhatian serius terus diberikan HP untuk produk laptop gaming mereka – Omen by HP 15 2018. Salah satu sektor yang terus mendapatkan perhatian khusus ada pada Thermal Output. Berdasarkan pantauan kami, sejumlah Update BIOS telah dirilis untuk mengatasi hal tersebut seperti menyediakan pengaturan Rating TDP untuk prosesor. Hasil pengujian kami sebelumnya memang menunjukkan tingginya temperatur kerja laptop gaming Omen by HP 15 2018 dimana salah satu pangkal penyebabnya ada pada kontrol kecepatan kipas.

Pada versi BIOS lama, kontrol kecepatan putaran kipas akan mengikuti temperatur kerja komponen prosesor dan graphics card, alias diatur pada mode Auto. Sayangnya pada mode tersebut, laptop gaming Omen by HP 15 2018 masih kurang kencang memacu kecepatan putaran kipas meskipun temperatur kerja sudah naik tinggi. Kontrol kecepatan kipas seperti itu memang akan membuat tingkat kebisingan dapat ditekan serendah mungkin. Walaupun begitu, tampaknya kalangan pengguna, terutama gamer, akan lebih mengkhawatirkan temperatur kerja laptop gaming mereka dibandingkan kebisingan yang dihasilkan. Mereka masih dapat menggunakan Headphone/Headset untuk mengatasi suara bising yang dihasilkan kipas.

Lebih Dingin dengan Fitur Comfort Mode

Sejak BIOS versi F.06 Rev.A, laptop gaming Omen by HP 15 2018 mendapatkan penambahan fitur terbaru dengan julukan Comfort Mode. Menurut deskripsi, fitur tersebut membuat temperatur kerja prosesor dan graphics card menjadi lebih rendah. Meskipun tidak disebutkan seperti apa mekanismenya, saat kami aktifkan fitur Comfort Mode pada Omen by HP 15-dc0035tx, kecepatan putaran kipas dipacu lebih tinggi dibandingkan mode lainnya. Kecepatan putaran kipas pun diatur pada kondisi tetap dan tidak mengalami perubahan akibat perubahan temperatur kerja. Menariknya, kecepatan putaran kipas akan otomatis turun ke kecepatan paling rendah dalam kondisi Idle atau beban kerja ringan.

Comfort Mode diaktifkan dengan menggunakan Software OMEN Command Center pada menu Performance Control. Dahulu, pada menu Performance Control hanya tersedia pilihan Default dan Performance saja seperti kami jumpai pada varian Omen by HP 15-dc0035tx (Review).

Hasil Pengujian

Untuk menguji fitur Comfort Mode, kami menggunakan laptop gaming Omen by HP 15-dc0036tx dengan spesifikasi Hardware sebagai berikut.

  • Processor – Core i7 8750H
  • Memory – 16 GB DDR4 2666 MHz
  • Graphics Card – GeForce GTX 1050 Ti
  • Storage – 128 GB SSD PCIe & 1 TB HDD
  • Display – 15,6 Inch | 1920 x 1080 Pixel | 144 Hz
  • BIOS Version – F.07 Rev. A

Simak hasil pengujian lengkapnya pada halaman kedua.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: