in: Highlights - Notebook / Laptop | December 3, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Bikin Kerja Laptop Gaming Omen by HP 15 2018 Lebih Dingin dengan Cara Mudah Seperti Ini

Updating BIOS dan OMEN Command Center

Untuk melakukan Update BIOS laptop gaming Omen by HP 15 2018, cukup dengan menjalankan Software HP Support Assistant dan masuk ke menu Update. Pastikan kapasitas baterai dalam keadaan penuh dan perangkat Power Adapter dalam keadaan dipasang. Tentu saja dibutuhkan koneksi Internet untuk men-Download BIOS yang dibutuhkan. Saat ini BIOS laptop gaming Omen by HP 15 2018 sudah mencapai versi F.07 Rev.A

Sementara untuk melakukan Update Software Omen Command Center cukup dengan masuk ke Microsoft Store.

Omen by HP 15-dc0036tx Command Center (Versi Lama VS Baru)

Versi Lama
Versi Baru

Sebelum Update BIOS terbaru, Software OMEN Commend Center pada laptop gaming Omen by HP 15-dc0036tx tidak menyediakan menu Performance Control. Setelah melakukan Update BIOS dan OMEN Command Center, menu Performance Control muncul dengan dua pilihan Default Mode dan Comfort Mode. Pada pengujian ini kami akan membandingkan temperatur kerja Comfort Mode dan Default Mode.

Temperature Test

Blender (Blenchmark)

Pada skenario 3D Rendering dengan menggunakan Software Blender tampak Comfort Mode membuat temperatur kerja rata-rata prosesor Core i7 8750H mengalami penurunan dibandingkan pada Default Mode. Pada pengujian kami penurunan temperatur kerja prosesor tercatat berkisar 3-4 °C. Memang tidak turun secara signifikan tetapi penurunan temperatur kerja sesedikit apapun akan membuat laptop gaming terhindar dari resiko Overheat.

Metro Last Light

Pada skenario gaming dengan menjalankan game Metro Last Light, Comfort Mode kembali membantu menurunkan temperatur kerja prosesor dan graphics card. Core i7 8750H dan GTX 1050 Ti dapat bekerja dengan temperatur 3-4 °C lebih rendah saat menggunakan Comfort Mode dibandingkan Default Mode.

3DMark Fire Strike Stress Test
Default Mode
Comfort Mode

Comfort Mode juga membuat tingkat Frame Rate Stability pada Benchmark 3DMark Fire Strike naik dari 98% menjadi 98,8%. Menandakan performa graphics card lebih stabil di performa puncaknya dan tidak mengalami gejala Thermal Throttling yang mengganggu.

Penutup

Fitur Comfort Mode membuat laptop gaming Omen by HP 15 2018 terasa kian sempurna. Terbukti sistem pendingin yang digunakan laptop gaming Omen by HP 15 2018 masih memiliki potensi terpendam yang akhirnya dapat dikeluarkan sepenuhnya saat fitur Comfort Mode diimplementasikan. Tidak hanya membuat temperatur kerja prosesor dan graphics card menjadi lebih dingin, Comfort Mode juga membuat performa laptop gaming menjadi lebih stabil dan mengurangi resiko terjadinya gejala Thermal Throttling. Pemilik laptop gaming Omen by HP 15 2018, pastikan BIOS sudah di Update hingga versi paling baru untuk mendapatkan manfaat dari fitur Comfort Mode.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: