Direct Release: OutSystems Platform, Solusi Unggul untuk Pengembangan Aplikasi Korporasi

Reading time:
December 11, 2018

Membuat aplikasi guna mengatasi masalah atau melakukan tugas spesifik pada korporasi adalah tantangan bagi departemen IT perusahaan, tidak hanya teknis membuatnya tetapi juga aplikasi perlu mudah dipahami dan diakses oleh pengguna awam. Tantangan demikian lazim terjadi pada perusahaan kecil maupun besar.

Sihotang
CEO PT MultiIntegra Digital Harison Sitohang

Untuk menjawab tantangan tersebut telah hadir platform inovatif untuk pengembangan aplikasi, low-code application development, dari OutSystems, yang saat ini sedang berkembang pesat.
“Teknologi OutSystems sangat fleksibel melakukan built, integrate, deploy and manage untuk berbagai perangkat. Untuk pengembangan aplikasi mobile, Outsystems mampu untuk support publish langsung ke App Store dan Google Play,” kata Harison Sitohang, CEO PT MultiIntegra Digital (MID) sebagai Authorized Partner OutSystems di Jakarta, Senin (11/12/2018).

Untuk merespon kebutuhan desain modular atau interaksi antar aplikasi dan konsumen yang cepat berubah dan semakin kompleks di ranah digital diperlukan solusi yang mampu melakukan pengembangan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan pemrograman konvensional.

OutSystems adalah pemimpin dunia industri penyedia solusi platform pengembangan aplikasi cepat.

Visi dan misi dari pendiri dan CEO OutSystems, Paulo Rosado, sejak awal perusahaan berdiri sebagai start-up tahun 2001, adalah menciptakan solusi unggul platform pengembangan untuk menghasilkan aplikasi web dan mobile kelas korporasi dengan mengunakan metode terkini.

Kekuatan visi dan pertumbuhan bisnis yang tinggi selama beberapa tahun terakhir terbukti menumbuhkan kepercayaan para investor, perusahaan investasi KKR dan Goldman Sachs telah menyuntikkan dana investasi sebesar US$ 360 juta di tahun 2018 ini, yang menempatkan OutSystems ke dalam jajaran Perusahaan Unicorn startup (Perusahaan dengan valuation lebih dari US$ 1 Milyar).

Dari aspek strategis teknologi dan bisnis, penggunaan platform OutSystems mampu menjadi alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada pembelian sistem paket dari vendor dan untuk melakukan penyesuaian sistem agar sesuai kebutuhan dari waktu ke waktu, khususnya hal ini diperlukan pada sistem untuk proses inti (Core System) di perusahaan.

Untuk kemantapan keamanan jaringan, solusi OutSystems tersedia pada layanan cloud Amazon Web Services (AWS) yang telah memenuhi standar dan sertifikasi sesuai kriteria OutSystems dan pelanggan. AWS juga kapabel dalam memenuhi kebutuhan kecepatan deployment, termasuk kebutuhan alokasi untuk aset database.

Untuk mendukung kebutuhan korporasi yang menggunakan sistem dan portfolio aplikasi skala sangat besar, OutSystems baru-baru ini telah meluncurkan pengembangan aplikasi terkini, OutSystems11, dengan kemampuan yang unggul, dirancang khusus untuk menghadapi keperluan skala raksasa tersebut, dan juga telah menerapkan pengembangan dengan menggunakan Micro Services / Docker Container.
OutSystems telah memperoleh penghargaan dari Gartner Peer Insights Customers’ Choice 2018 untuk 2 kategori sekaligus, yaitu Mobile App Development Platforms dan Enterprise High-Productivity Application Platform as a Service (HPaPaaS). Penghargaan Gartner merupakan hasil review dari berbagai kalangan tokoh, pakar dan praktisi industri TI dari seluruh dunia, kredibel sebagai acuan.

Sihotang 02

“Teknologi unggul Outsystems juga mampu mendukung Digital Transformation perusahaan jauh lebih cepat dibanding dengan traditional coding, dan ini berdampak pada time to market yang lebih singkat, keuntungan operasional dan penghematan,” kata Harison lagi.

PT MultiIntegra Digital (MID) bekerja sama erat dengan OutSystems memberikan pelatihan dan pengenalan metode pengembangan pada platform ini, juga merupakan mitra strategis dalam setiap tahapan implementasi.

MID juga menyediakan informasi pendukung dan komunitas developer dan ketersediaan akses kepada pengguna yang besar.

Saat ini, OutSystems sedang mengembangkan fitur canggih dengan teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) di pusat riset dan pengembangan internal, kerja sama dengan Carnegie Mellon University.

Diharapkan dengan semakin pintarnya AI/MLmempelajari pola bisnis yang ada akan sangat membantu developer aplikasi perusahaan untuk mendapatkan solusi secara otomatis. Dengan sistem Low-code OutSystems memberdayakan pengembang aplikasi, yang sebelumnya adalah bidang pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang ahli bidang IT, kini menjadi bidang yang juga dapat dilakukan oleh seorang awam yang saat melihat masalah atau proses bisnis mampu sendiri menciptakan solusi dan optimasi dengan mengembangkan aplikasi sederhana.

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…