in: News | December 5, 2018 | by: Tim Jagat Review

Microsoft Siapkan Browser Baru Pengganti Microsoft Edge

Bagi pengguna Windows 10 pasti tidak asing dengan browser bawaannya, yaitu Microsoft Edge. Pada Awalnya browser ini hanya menghadirkan fitur standar layaknya browser bawaan sistem operasi lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, Microsoft menambahkan banyak fitur, salah satunya dukungan ektensi pihak ketiga.

Sayangnya walaupun perkembangan Microsoft Edge semakin baik, banyak pengguna Windows 10 yang lebih tertarik menggunakan browser lain seperti Chrome dan Firefox. Hal ini bisa dilihat dari data pengguna dimana Chrome memegang porsi pengguna sebesar 65% dan Firefox sebesar 15% sedangkan Edge hanya memegang porsi pengguna sebesar 4% saja.

Hal inilah yang dipercaya menjadi alasan Microsoft merencanakan ingin mengganti browser  bawaan Windows 10 dengan browser lainnya. Berdasarkan berita yang kami kutip dari WindowsCentral, menyebutkan bahwa Microsoft tengah menyiapkan browser terbaru yang memiliki codename Microsoft Anaheim. Browser ini dikabarkan akan menggunakan basis browser Chromium yang digunakan di banyak browser seperti Chrome, Opera dan Vivaldi.

Mengingat lisensi Chromium bersifat terbuka (open-source), Microsoft bisa dengan bebas merancang browser terbarunya tanpa harus merancang ulang dari dasar. Kabarnya ini juga bukan kali pertama Microsoft menggunakan engine Chromium. Pada browser Microsoft Edge versi Android, Microsoft juga merancang browser tersebut menggunakan desain Chromium. Proyek Microsoft Anaheim ini dikabarkan akan hadir bersamaan dengan update besar Windows 10 19H1 yang akan dirilis di tahun 2019.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES