Monitor Resolusi 5K! Untuk Apa Sih?

Reading time:
December 24, 2018

Sampai mana resolusi pada sebuah monitor dapat dimasukkan ke dalam kategori “cukup”? Pertanyaan tersebut tentu akan menimbulkan beragam jawaban. Namun, ada saat di mana monitor dengan resolusi FullHD 1080p sudah mulai kurang mencukupi kebutuhan seiring dengan perkembangan teknologi yang terus meningkat. Dalam tiga tahun terakhir ini, tren monitor yang ditawarkan oleh produsen sudah semakin beragam dan canggih.

P 20181204 131611

Jika kita melihat persaingan pasar monitor saat ini, salah satu perkembangan yang paling dirasakan adalah kehadiran monitor dari beberapa produsen ternama yang menawarkan resolusi tinggi, yakni 4K. Seperti kita ketahui, monitor dengan resolusi 4K kini mulai tengah menjamur di pasaran. Hal tersebut juga diiringi dengan bertumbuhnya konten-konten video 4K yang mulai bermunculan, mulai dari YouTube dan layanan video streaming berbayar lain, seperti salah satunya Netflix.

Dengan kualitas gambar yang sangat jernih, apakah vendor monitor perlu menawarkan sebuah monitor dengan resolusi yang lebih tinggi lagi, seperti monitor 5K misalnya. Kehadiran monitor beresolusi 5K tentu akan menimbulkan pertanyaan, untuk apa sih monitor beresolusi 5K, di tengah masih bertumbuhnya konten video beresolusi 4K? Apakah monitor 5K memang sesuatu yang layak untuk dikejar?

Era Monitor 5K Harus Dimulai?

Dengan perkembangan teknologi yang mulai meningkat serta munculnya para kreator-kreator konten yang makin kreatif, maka tidak aneh jika ada vendor yang mulai menawarkan monitor beresolusi tinggi. Kehadiran monitor 5K dari LG misalnya yang diluncurkan beberapa hari lalu, telah menandakan dimulainya era baru monitor beresolusi tinggi. Menurut LG Indonesia, hasil penjualan monitor UHD 4K di Tanah Air dalam tiga tahun terakhir tercatat mengalami pertumbuhan. Pada tahun 2017 lalu saja tercatat ada sekitar 71% atau 2000 lebih unit monitor 4K yang terjual. Dan pada 2018 ini, mulai dari Januari hingga Juni 2018, penjualan monitor 4K sudah mencapai 75%. Meski tergolong tidak terlalu signifikan peningkatannya, penjualan monitor 4K bisa dikatakan cukup stabil. Sehingga hal ini lah yang mendorong LG menjadi percaya diri mulai menjajakan monitor beresolusi 5K.

Monitor 5K Dipadu dengan Layar Lebar

001

Salah satu monitor LG beresolusi 5K ternyata ditawarkan dengan model yang unik, LG 34WK95U. Monitor dengan layar berukuran 34” ini memadukan resolusi tinggi 5K dengan layar lebar (UltraWide). Monitor dengan rasio yang lebih lebar secara otomatis akan membuat Anda mendapatkan jumlah piksel yang lebih banyak yang akan membuat Anda lebih leluasa mengerakkan mouse Anda. Meletakan icon di desktop sebanyak mungkin serta membuka jendela kerja yang dimanapun sesuka Anda.

Sekadar perbandingan dengan monitor konvensional dengan aspect ratio 16:9, monitor UltraWide dengan aspect ratio 21:9 memiliki layar 33% lebih lebar, sehingga tercipta ruang lebih luas dibanding monitor 16:9 dan Anda bisa membuka lebih dari satu jendela dalam satu monitor.

LG 5K 33

Banyak para kreatif profesional membutuhkan sistem PC dengan konfigurasi multi monitor yang bahkan jumlahnya lebih dari dua buah. Namun, sayangnya konfigurasi ini biasanya akan memakan banyak ruang. Dengan menggunakan monitor ultra-wide 21:9 seperti LG 34WK95U yang kami gunakan ini, kami merasa tak perlu lagi menggunakan konfigurasi multi monitor pada saat bekerja. Tak perlunya konfigurasi multi monitor, artinya bisa menghemat ruang kerja di meja kerja kita. Meja kerja yang tadinya terisi penuh dengan bisa Anda manfaatkan untuk hal lainnya.

Dukungan Spesifikasi Canggih

006

Dengan mengusung resolusi tinggi pada sebuah monitor, tentu saja harus didukung pula dengan spesifikasi tinggi. Terlebih sejak dirancang sedari awal, monitor dengan resolusi 5K memang ditujukan untuk para pekerja kreatif profesional. Seperti salah satu model monitor 5K, LG 34WK95U yang kami tunjukkan ini. Monitor ini didukung dengan panel Nano IPS yang memiliki cara kerja dengan menyerap gelombang cahaya berlebih di antara warna untuk memastikan tiap warna dapat tampil dengan akurat sesuai dengan yang diinginkan para kreator profesional. Tidak hanya itu, tingkat color gamut dari monitor 5K milik LG ini memiliki nilai spektrum warna sRGB 135% dan DCI-P3 yang menjadi standar spektrum warna bagi konten dalam format digital.

Multi-Tasking Lebih Nyaman

Kadang, dengan aspect ratio 16:9 kita bisa merasa kurang nyaman melakukan kerja multi-tasking karena masih terbatasnya lebar monitor. Akan tetapi dengan aspect ratio 21:9 yang dimiliki LG 34WK95U ini tentunya Anda bisa melakukan multi-tasking dengan lebih leluasa karena bisa membuka dua jendela kerja atau lebih sekaligus dan menempatkannya bersebelahan di layar tanpa merasa jendela kerja yang ada terlalu sempit. Atau, Anda bisa bekerja sambil menikmati konten multimedia sekaligus tanpa harus mengorbankan ruangan untuk jendela pekerjaan Anda.

009

Contoh gambar di atas menggambarkan dengan monitor ber-aspect ratio 21:9 ini Anda tetap bisa berkerja dengan nyaman dengan file-file Excel atau Power Point, sambil tetap mendapatkan informasi ter-update melalui web browser Anda.

008

Tak hanya sampai di situ, untuk memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan monitornya, LG menyematkan fitur On-Screen Control serta Split Screen yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan posisi gambar pada monitor tanpa harus menyentuhnya. Ada banyak beragam template split screen yang disediakan pada fitur On-Screen Control ini.

Konektivitas Lengkap 

007

Banyak para kreator konten profesional yang menginginkan sistem yang digunakannya cukup fleksibel digunakan, seperti halnya dukungan konektivitas. Pada monitor LG 34WK95U yang kami tampilkan ini misalnya, didukung oleh beragam konektivitas yang lengkap mulai dari 2x HDMI port, 1x DisplayPort, 2x USB 3.0 port dan satu buah port Thunderbolt 3. Hadirnya dukungan Thunderbolt 3 tentu saja ditujukan bagi para kreator profesional yang terbiasa menggunakan MacBook Pro saat bekerja. Bahkan Thunderbolt 3 tersebut dapat melakukan pengisian ulang baterai pada laptop seperti MacBook Pro atau laptop Windows yang tentunya disertai port Thunderbolt 3.

Future-proof

005

Di samping itu, bertumbuhnya profesi seperti visual artist, Editor Kreatif dan Kreator Konten digital di Indonesia juga menjadi salah satu alasan LG untuk menjajakan monitor 5K. Melihat tren 4K yang kini sudah mulai diminati dan terus dikembangkan oleh beberapa perusahaan, baik itu penyedia video streaming maupun developer game, monitor dengan format 5K tentu akan menjadi sebuah investasi penting dan jangka panjang. Bahkan di masa yang akan datang, akan ada kecenderungan, di mana orang-orang akan lebih mendambakan sebuah visual warna yang lebih tajam, sehingga mereka akan sulit lepas dari monitor yang menawarkan resolusi tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…