in: News | December 4, 2018 | by: Tim Jagat Review

NVIDIA Jadikan Physx Engine Sebagai Proyek Open Source

NVIDIA sebagaimana kita ketahui tidak hanya terkenal akan lini kartu grafis GeForce saja. Berbagai fitur unggulan dari NVIDIA juga telah membenak di dalam hati masyarakat khususnya para gamer, salah satunya adalah fitur NVIDIA PhysX. Fitur ini memungkinkan berbagai efek simulasi fisika seperti efek asap, air ataupun percikan api yang ada di dalam game bisa tampil menjadi lebih realistis.

Rahasianya ada di balik Physx Engine yang memungkinkan pengolahan efek-efek simulasi fisika yang sebelumnya dilakukan di CPU, sekarang dilakukan melalui GPU. Mengingat performa komputasi GPU meningkat drastis dari waktu ke waktu, memungkinkan kehadiran efek yang lebih realistis dibandingkan sebelumnya.

Melihat potensi yang ada dari Physx Engine, NVIDIA memutuskan menjadikan Physx Engine menjadi proyek open source efektif semenjak tanggal 3 Desember 2018. Pengumuman NVIDIA ini pun disambut positif oleh beragam developer mengingat kini mereka bisa menggunakan Physx Engine secara gratis tanpa dipungut biaya lisensi apapun. NVIDIA menggunakan lisensi BSD-3 yang developer bisa mendapatkan PhysX SDK melalui Github resmi Nvidia.

NVIDIA menyebutkan dengan perubahan PhysX Engine menjadi open source akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk dunia game saja. Beberapa sektor seperti AI, otomotif, smartphone hingga alat medis bisa mendapatkan potensi dari PhysX Engine agar tampilan grafis yang ditampilkan menjadi lebih nyata dengan dukungan performa terbaik melalui grafis NVIDIA atau processor multi-core yang memiliki performa setara.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES