in: Storage Devices | December 9, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Strorage: SSD Samsung 860 QVO 1 TB

Menjelang akhir tahun 2018, Samsung secara resmi memperkenalkan keluarga terbaru dari Samsung 860 Series mereka, yaitu Samsung 860 QVO. SSD ini mengusung nama yang berbeda dari saudaranya, EVO dan PRO, yaitu QVO yang memiliki singkatan dari “Quality and Value Optimized”.  Samsung 860 QVO sendiri hadir dengan mengusung teknologi jenis NAND terbaru, yaitu QLC (Quad Level Cell) dimana SSD yang mengusung teknologi ini mampu menawarkan kapasitas yang lebih lapang lagi dengan harga per giga-nya menjadi lebih terjangkau. Dan kini, SSD tersebut sudah hadir di meja pengujian kami. Ingin tahu lebih jauh mengenai SSD terbaru dari Samsung ini? Berikut pembahasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Kemasan tampak depan
Kemasan tampak belakang
Paket penjualan Samsung 860 QVO disertai juga buku panduan penggunaan yang digabung dengan informasi serta syarat dan ketentuan dari garansi.

Kelengkapan penjualan dari SSD Samsung 860 QVO hanya tersedia unit SSD dan satu buku panduan penggunaan yang menyatu dengan informasi garansi. Garansi yang ditawarkan Samsung pada SSD barunya ini yaitu 3 tahun.

Meski tidak disertai lagi dengan CD Software, Samsung memberikan dukungan Software yang dapat diunduh secara gratis melalui situs resminya. Beberapa dukungan software untuk SSD Samsung ini sama seperti SSD Samsung lainnya, yakni Samsung Magician Software, yang berfungsi untuk memberikan informasi seputar kesehatan SSD dan update firmware. Lalu ada pula software Data Migration yang dapat digunakan untuk melakukan cloning antar storage.

Apa itu QLC?

Sebelum kita membahas mengenai spesifikasi dari Samsung 860 QVO, kami ingin memberikan penjelasan singkat terlebih dahulu mengenai teknologi QLC yang diusung pada SSD terbaru Samsung ini. Sejak beberapa bulan lalu, teknologi QLC sempat ramai menjadi perbincangan di berbagai media. Intel dan Micron terlebih dahulu menjajakan SSD berbasis QLC NAND, di antaranya Micron 5210 ION, yakini SSD SATA yang ditujukan untuk kalangan enterprise. Lalu kemudian muncul Intel 660p dan Crucial P1, yang hadir sebagai SSD M.2 berbasis QLC NAND dan didukung juga dengan teknologi NVMe.

Seperti kita ketahui, QLC merupakan hasil pengembangan lanjutan dari jenis NAND sebelumnya, mulai dari SLC (Single Level Cell) dengan 1-bit per cell, MLC (Multi Level Cell) 2-bit per cell, TLC (Triple Level Cell) 3-bit per cell dan QLC (Quad Level Cell) 4-bit per cell. Dengan ditingkatkannya jumlah bit pada tiap cell, akan memungkinkan ruang penyimpanan data dapat ditingkatkan lagi dan biaya produksi bisa lebih ditekan.

QLC NAND dengan 4-bit per cell, memang memiliki potensi untuk meningkatkan kapasitas yang lebih besar pada sebuah SSD. Kehadiran QLC NAND ini tidak hanya membuat para produsen SSD dapat menjajakan SSD consumer mereka dengan kapasitas yang lebih besar, namun juga harga yang lebih terjangkau. Sayangnya, QLC NAND ini membutuhkan alogaritma dan penulisan data yang lebih kompleks, sehingga hal tersebut akan menyebabkan tingkat TBW (terabyte written) pada QLC tidak setinggi dari TLC.

Samsung 860 QVO 1 TB

Sekarang kita beralih ke spesifikasi Samsung 860 QVO secara keseluruhan. SSD terbaru dari Samsung yang mampir ke meja pengujian kami ini memiliki kapasitas 1 TB. SSD ini hadir dengan balutan warna yang berbeda oleh Samsung dari 860 Series lainnya, yakni berwarna abu-abu di seluruh body-nya. Dengan mengusung form factor 2.5”, Samsung 860 QVO ini mengandalkan interface SATA 3 6 Gb/s.

Mengenai performa, Samsung 860 QVO ini mampu menawarkan performa yang tentu saja dapat diandalkan bagi mereka yang ingin meningkatkan performa pada sistem PC mereka. Kecepatan sequential Read yang dijanjikan pada SSD Samsung ini mencapai 550 MB/s dan 520 MB/s untuk sequential Write. Sedangkan kecepatan Random Read pada Samsung 860 QVO ini mencapai 97.000 IOPS dan 89.000 IOPS untuk kecepatan Random Write. Dari performa yang ditawarkannya, Samsung 860 QVO telah dibekali dengan kontroler Samsung MJX yang sama digunakan pada 860 EVO dan 860 PRO. NAND yang digunakan pada Samsung 860 QVO ini adalah 3D V-NAND QLC (Quad Level Cell) 64 Layer.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, penggunaan QLC NAND pada Samsung 860 QVO ini memang sebagai solusi dalam menciptakan sebuah SSD berkapasitas besar dengan harga lebih terjangkau. Sayangnya, algoritma dan penulisan data yang lebih kompleks pada QLC NAND membuat tingkat daya tahan TBW tidak setinggi TLC NAND. Seperti yang bisa Anda dilihat pada tabel di bawah, Samsung 860 QVO berkapasitas 1 TB ini memiliki tingkat daya tahan hanya mencapai 360 TBW. Sedangkan Samsung 860 EVO berkapasitas 1 TB memiliki tingkat daya tahan mencapai 600 TBW.

Samsung menyertakan fitur Intelligent Turbowrite, sama seperti yang terdapat pada 860 Series dan 970 EVO. Fitur ini memungkinkan sebagian NAND dapat berjalan pada mode SLC, sehingga menciptakan cache untuk meningkatkan pemrosesan penulisan data.  SSD Samsung 860 QVO berkapasitas 1 TB ini dibekali dengan DRAM cache 1GB LPDDR4 serta MTBF 1.5 juta jam. Samsung juga turut melengkapi 860 QVO ini dengan fitur-fitur lainnya berupa TRIM, SMART, Garbage Collection, AES 256-bit Full Disk Encryption, TCG/Opal V2.0 dan Encrypted Drive.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES