in: Storage Devices | December 9, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Strorage: SSD Samsung 860 QVO 1 TB

Kesimpulan

Sebagai salah satu produsen ternama dunia di industri SSD (Solid State Drive), Samsung kembali menunjukkan reputasinya tersebut dengan menghadirkan SSD consumer SATA pertamanya yang berbasiskan QLC NAND. Teknologi QLC NAND ini seolah menjadi solusi bagi para produsen SSD lainnya juga yang ingin berkompetisi di pasar SSD dengan menawarkan kapasitas yang lebih lapang lagi dengan harga terjangkau.

Hadir dalam form factor 2.5” serta menggunakan interface SATA 3, tentunya Samsung 860 QVO ini dapat diaplikasikan pada sistem PC, baik itu desktop maupun laptop. Samsung juga turut memberikan dukungan software yang lengkap, mulai dari Magician Software yang dapat dimanfaatkan untuk memantau kondisi SSD dan juga Samsung Data Migration yang dapat digunakan untuk melakukan proses cloning. Semua software tersebut tersedia di situs resmi Samsung dan dapat diunduh secara gratis.

Secara keseluruhan performa, meskipun terjadi penurunan saat proses penulisan file berkapasitas besar, Samsung 860 QVO ini cukup menjanjikan bagi mereka yang ingin meningkatkan performa pada sistem PC mereka (laptop atau PC desktop). Hal tersebut bisa dilihat dari hasil performa Read yang ditampilkan pada hasil pengujian. Tidak hanya itu, ketersediaan kapasitas yang lapang pada SSD ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai file-file berharga, mulai dari foto, video dan juga game.

Samsung 860 QVO tersedia dalam tiga pilihan kapasitas, mulai dari 1 TB, 2 TB dan 4 TB. Sayangnya, Samsung 860 QVO ini hanya diberikan masa garansi selama 3 tahun. Berbeda dengan seri lainnya, yaitu 860 EVO dan 860 PRO yang masing-masing memiliki masa garansi selama 5 tahun. Untuk saat ini, Samsung 860 QVO kabarnya akan dirilis di pasaran pada pertengahan bulan Desember ini dan dibanderol dengan harga MSRP USD 220.

Kelebihan:

  • Performa Read Kencang
  • Dukungan software lengkap
  • Dukungan fitur lengkap
  • Kapasitas Lapang
  • Harga lebih terjangkau dibanding SSD TLC dikapasitas yang sama

Kekurangan:

  • Terjadi penurunan penulisan saat melakukan transfer sangat besar
  • Garansi 3 tahun

 

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES