in: News | December 7, 2018 | by: Dedy Irvan

Snapdragon Terkencang Diumumkan! 8cx Dirancang untuk Always Connected PC

Dalam acara Snapdragon Summit 2018 di Maui, Hawaii, Qualcomm kembali mengejutkan kami di hari ketiganya. Kali ini Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 8cx. Ini adalah platform PC pertama yang menggunakan chip 7nm. Terlepas dari apa yang dijanjikan para vendor prosesor PC lainnya, Qualcomm berhasil menampilkan platform PC 7nm pertama. PC yang dimaksud di sini adalah komputer yang menggunakan Windows. Ya, bentuknya, yang umum menggunakan prosesor semacam yang dibuat Qualcomm ini adalah laptop.

Always On Always Connected PC

Snapdragon 8cx ini dibuat untuk Always On Always Connected PC. Ini adalah kategori PC (tepatnya laptop) yang dipelopori Qualcomm dan Microsoft sejak tahun lalu (2017). Tujuannya adalah menciptakan laptop Windows yang bisa selalu terkoneksi ke Internet (modem hidup nonstop) selama minimum 20 jam. Jadi, berfungsi seperti smartphone.

Kenapa disebut Platform?

Meskipun ini memang prosesor, tapi mengingat Qualcomm selalu menyuguhkan SoC atau system on chip yang kompleks dan lengkap, tampaknya mereka memilih menyebutkanya “platform”. Kami pun cukup setuju. Karena, selain prosesor, GPU, DSP, modem (X24), pengendali WiFi, dan sistem audio pun sudah tersedia dalam platform ini.

Dapur Pacu

Qualcomm 8cx ini memiliki CPU Kryo 495 octa-core (8 core) terbaru, bahkan lebih tinggi dari Kryo 485 pada Snapdragon 855. Konfigurasinya pun berbeda, Kryo 495 ini memiliki 4 core performa dan 4 core. Semua core ini sudah dikustomisasi oleh Qualcomm, dari Cortex A76 dan A55. Dari sisi GPU, kali ini Qualcomm menggunakan Adreno 680. Ya, ini lebih kencang dibandingkan yang ada pada Snapdragon 855. Hal lain yang menarik adalah, interface memori pada Snapdragon 8cx. Qualcomm sudah melakukan upgrade dari 64-bit ke interface 128-bit! Ini adalah peningkatan yang bisa membuat performa keseluruhan, bahkan sistem grafis menjadi sangat kencang.

Baterai dan Charging

Qualcomm menjanjikan bahwa daya tahan laptop dengan Snapdragon 8cx bisa mencapai hitungan hari, bukan 20 jam lagi. Kami berasumsi bahwa mungkin bisa mencapai lebih dari 1 hari. Sementara itu, untuk urusan charging, sekarang sudah menggunakan QuickCharge 4.0+. Jadi, pengisian baterai harusnya menjadi cepat.

Melihat perkembangan ini, tampaknya Qualcomm sangat yakin bahwa Always On Always Connected PC akan dapat dikuasai. Perbandingan performa dalam TDP rendah dan konsumsi dayanya, memang membuat 8cx hadir canggih. Sementara itu, karena tidak membutuhkan fan dan memiliki modem X24, laptop ini akan tipis, ringan, dan selalu terkoneksi ke Internet. Semoga saja, di Computex 2019 kita sudah bisa melihat beragam laptop yang menggunakan Snapdragon 8cx ya. Oh ya, semoga segera hadir di Indonesia juga, secepatnya.

Tags: