in: News | December 25, 2018 | by: Tim Jagat Review

Tiga Perusahaan Jepang Rancang Panel untuk Monitor

Mayoritas monitor PC yang ada saat ini menggunakan panel LCD yang terdiri dari tipe IPS, TN dan VA. Sedangkan monitor dengan panel OLED hanya sedikit vendor yang menggunakannya. Meski demikian, ada kemungkinan kedepannya panel OLED akan lebih banyak digunakan. Join venture bernama JOLED yang terdiri dari tiga perusahaan ternama asal Jepang di antaranya Japan Display, Panasonic dan Sony akan mencoba mewujudkan hal tersebut dengan mengembangkan panel OLED untuk monitor.

JOLED menargetkan penggunaan panel OLED untuk segmen monitor gaming dan layar lebar. Ada tiga varian panel yang telah ditampilkan pada acara di Jepang beberapa waktu lalu. Pertama panel OLED 21.6-inch dengan resolusi full-HD 1080p, sedangkan yang kedua adalah panel 27 Inch dengan resolusi UHD 2160p.

Kedua panel ini ditargetkan untuk para gamer yang membutuhkan monitor yang responsif. Panel OLED sendiri memiliki keunggulan dimana memiliki respon time lebih baik hingga 0.1 ms jauh lebih baik dibandingkan panel TN yang digunakan monitor gaming. Hal ini pastinya akan membawa dampak positif terutama bagi gamers eSport yang butuh monitor yang responsif tanpa kehadiran degradasi warna layaknya monitor dengan panel TN.

JOLED juga menampilkan panel 21.6-inch, akan tetapi menggunakan resolusi 4K 3,840×2160p yang nantinya akan digunakan di monitor Asus Proart PQ22UC. Monitor ini sendiri menargetkan untuk para pembuat konten dengan refresh rate 144Hz dan sudah mendukung tingkat color gamut DCI-P3. Menurut berita yang kami kutip dari Guru3D, JOLED menyebutkan bahwa monitor profesional tersebut akan hadir di tahun 2019 mendatang.

Sumber: Guru3D

Tags: