in: News | December 24, 2018 | by: Tim Jagat Review

Windows Sandbox Bisa Jalankan Aplikasi Lebih Aman

Pada saat meng-instal aplikasi di luar sumber resmi seperti Windows Store, pengguna terkadang merasa cemas apakah aplikasi yang di instalnya aman atau tidak. Mengenai akan hal ini, Microsoft mengumumkan kehadiran fitur bernama Windows Sandbox yang sudah hadir di Windows 10  insider build 18305 dan akan dirilis final untuk update Windows 19H1 mendatang.

Windows Sandbox bekerja dengan cara menghadirkan lingkungan Windows 10 virtual di dalam sistem operasi Windows 10 itu sendiri. Pengguna bisa menginstal dan menjalankan berbagai aplikasi yang dirasa kurang aman di Windows Sandbox ini dan apabila berpotensi tidak aman, aplikasi tersebut tidak akan menyerang Windows 10 sebagai sistem operasi utama.

Kabar baiknya, untuk menjalankan Windows Sandbox ternyata tidak perlu spesifikasi tinggi. Microsoft menyebutkan persyaratan minimum adalah PC Desktop atau laptop dengan processor 64bit yang mendukung fitur virtualisasi, RAM 4GB minimum (8GB lebih direkomendasikan) serta 1GB kapasitas storage yang tersedia.  Microsoft juga menyebutkan, Windows Sandbox hanya menggunakan kapasitas storage 100MB dan bisa dibuka dengan cepat.

Pengguna nantinya bisa mengaktifkannya melalui menu add or remove feature yang ada di control panel. Sayangnya fitur ini hanya tersedia di versi Windows 10 Pro dan Windows 10 Server. Bagi pengguna Windows 10 Home tidak bisa mencoba Windows Sandbox. Akan tetapi, terdapat banyak aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi sama seperti Sandboxie serta beberapa antivirus ternama seperti Avast dan Comodo.

Tags: