in: News | December 14, 2018 | by: Friska Suryawinata

YouTube Rewind 2018 Jadi Video Paling Dibenci Sepanjang Sejarah

Ketika menonton video di YouTube, para penggunanya bisa memberikan Like atau Dislike terhadap video yang ditontonnya tersebut. Akumulasi dari Like dan Dislike ini tentunya jadi penentu utama apakah video tersebut sangatlah menarik untuk ditonton, atau malah sangat dibenci sehingga banyak orang memberikan Dislike terhadap video yang dimaksudkan.

Video YouTube Rewind 2018 tahun ini telah memecahkan rekor sebagai video yang paling “dibenci” oleh sebagian besar pengguna YouTube, dengan sudah tercatat saat ini terdapat setidaknya 10 juta Dislike yang didapatkan oleh video tersebut. Angka ini sendiri sudah mengalahkan video dari Justin Bieber – Baby yang telah tercatat sudah mendapatkan sekitar 9,8 juta Dislike hingga saat ini.

Sebagai informasi, YouTube Rewind ini sendiri merupakan video tahunan yang dilakukan oleh pihak YouTube resmi, di mana pihak terkait membuat video yang membahas kilas balik terhadap video apa saja yang telah viral sepanjang tahunnya.

Alasan di balik banyaknya Dislike yang dimiliki oleh video YouTube Rewind 2018 ini sendiri cukup sederhana: video tersebut tidak melakukan feature terhadap beberapa buah video viral yang sebenarnya sempat heboh di tahun 2018. Beberapa di antaranya seperti KSI vs Logan Paul, PewDiePie atau Shane Dawson, hingga video lagu anak-anak Johny Johny Yes Papa.

Tapi tentu saja, tidak semua nama yang disebutkan tersebut memiliki rekor baik terhadap video-video yang diunggahnya. Sebagai contoh bagaimana Logan Paul membuat video viral yang menghebohkan tetapi juga membuat geram sebagian masyarakat dengan Hutan Aokigahara-nya. Selain itu, ada yang juga berpendapat bahwa keputusan pihak atas dari YouTube nampaknya memiliki perbedaan opini tentang video-video mana yang viral dan menarik, sehingga patut dimasukkan di dalam YouTube Rewind 2018 tersebut.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda menyukai video YouTube Rewind tahun ini, atau justru juga membencinya?

Tags: