in: News - Processors | January 10, 2019 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

AMD CES 2019: Preview AMD 3rd Gen Ryzen 7nm ‘Matisse’, Zen 2 Bersaing dengan Core i9-9900K

Masih belum selesai dengan kejutan, pada ajang Keynote AMD di CES 2019 Las Vegas, AMD memberikan satu kejutan lagi: menunjukkan Ryzen 3rd Gen 7nm dalam sebuah demo publik pertama di Dunia.

AMD nampak benar-benar memfokuskan banyak desain mereka pada 7nm. Berikut ini sedikit informasi yang kami dapat dari Livestream keynote tersebut:

AMD tidak memberikan banyak detail mengenai chip ini, tapi ada beberapa informasi yang bisa didapat dari Keynote:

  • Ryzen 3rd Gen yang didemokan menggunakan konfigurasi 8-Core , 16-thread, arsitektur-nya Zen 2.
  • Belum ada kabar apakah 8-core adalah konfigurasi teratas dari Ryzen 3rd Gen.
  • Ada 2 ‘die’ pada chip-nya (bisa dilihat di atas): Dimana die yang BESAR adalah IO die, sedangkan die yang kecil adalah prosesor-nya yang menggunakan fabrikasi 7nm.
  • AMD mengatakan bahwa Ryzen 3rd Gen ini menggunakan motherboard AM4, sama dengan generasi sebelumnya.
  • Ryzen 3rd Gen akan menjadi Platform PC pertama yang menggunakan PCIe 4.0
  • AMD menjalankan demo Cinebench R15, dimana sebuah Core i9-9900K stock mendapat skor 2040 di 179W, sedangkan AMD mendapat 2057 pada 133W. AMD mendapat skor setara dengan Intel pada jumlah core yang sama dengan konsumsi daya lebih rendah.
  • Estimasi peluncuran Pertengahan 2019

 

Kesan

Sejauh ini, Lisa nampak tidak mau banyak berspekulasi dengan spesifikasi, ia sama sekali tidak menyebutkan clockspeed Ryzen 3rd Gen, dan selalu mengatakan bahwa clockspeed prosesor ini masih belum final. Kami tidak mengetahui banyak detail mengenai sistemnya, mulai dari spesifikasi sistem yang dipakai, hingga konfigurasi apa(apakah ada pre-overclocked setup dari motherboard, berapa kecepatan RAM-nya, dsb).

Perlu diketahui juga bahwa AMD Ryzen series cukup kencang pada Cinebench R15 karena implementasi SMT dari AMD yang cukup aggresive – dan ini membuat demo kali ini sangat optimal bagi AMD. Yang jelas, sebuah Core i9-9900K setidaknya akan berjalan pada kurang lebih 4.7Ghz all-core jika demo AMD sesuai dengan spesifikasi Intel (dan mungkin lebih rendah jika prosesor tersebut menemui Power Limit). 9900K kami sendiri umum mendapatkan skor 2055-an pada konfigurasi 4.7Ghz + DDR4-3600 CL16.

 

*klik untuk memperbesar

 

Ini berarti sistem AMD Ryzen 3rd Gen demo tadi masih memiliki skor setara dengan prosesor 4.7Ghz Core i9-900K Coffee Lake. Kami tidak tahu di area mana AMD mengejar Intel Coffee Lake yang sejauh ini menjabat sebagai prosesor 8-Core 16-Thread terkencang, bisa jadi clockspeed Ryzen 3rd Gen ini cukup massive berkat fabrikasi dan tuning di 7nm(4.5Ghz atau lebih?), atau AMD berhasil meningkatkan IPC(instruction per clock) lebih kencang lagi.

Pastinya, kami akan menunggu kehadiran prosesor ini di lab JagatReview saat peluncurannya pertengahan 2019 nanti!

 

 

 

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES