in: News | January 16, 2019 | by: Yufianto Gunawan

ASUS di CES 2019 – Graphics Card dengan Radiator Terintegrasi!

Di CES 2019 lalu, kami sempat berkunjung ke ruang pameran dari salah satu brand ternama dari Taiwan, ASUS. Terdapat banyak sekali barang yang dipamerkan ASUS di ruang pameran mereka yang ada di Trump International Hotel, Las Vegas itu. Kali ini, kami akan membahas terlebih dahulu jajaran produk mereka dari lini komponen yang terbilang menarik, yang mereka tampilkan.

Graphics Card dengan Radiator Teintegrasi

Salah satu produk komponen yang terbilang menarik yang ditampilkan ASUS adalah ROG Matrix GeForce RTX 2080 Ti. Graphics card yang satu ini merupakan penerus dari lini ROG Matrix, graphics card dengan sistem yang memungkinkan pengguna menghubungkan watercooling ke sistem pendingin terintegrasinya. Namun, kali ini, ASUS melakukan hal yang cukup berbeda. Masih terkait dengan watercooling, kali ini ROG Matrix GeForce RTX 2080 Ti hadir dengan watercooling terintegrasi!

Ya, ASUS menanamkan radiator di balik shroud pelindung sistem pendingin dari graphics card ini. Menariknya, hal itu tidak membuat ukuran graphics card ini menjadi terlalu besar. ROG Matrix GeForce RTX 2080 Ti ini masih hadir dengan ukuran tiga slot, dengan radiator 120 mm, serta tiga buah kipas 90 mm untuk memastikan pelepasan panas yang baik dari sistem pendindingin.

Karena sistem pendingin yang disebut ASUS lebih mumpuni itu, ROG Matrix GeForce GTX 2080 Ti ini bisa menawarkan boost clock mencapai 1815 MHz, jauh di atas spesifikasi reference NVIDIA, yang hanya berada di angka 1545 MHz. Selain itu, ASUS juga menawarkan bandwidth memori yang lebih tinggi, mencapai 14.8 GT/s, dibandingkan 14 GT/s untuk GeForce RTX 2080 Ti standar. ASUS berani mengklaim bahwa produk mereka yang satu ini merupakan GeForce RTX 2080 Ti paling canggih yang ada saat ini.

Selain ROG Matrix GeForce RTX 2080 Ti itu, ASUS juga menampilkan graphics card baru mereka dengan GPU GeForce RTX 2060, yang memang baru diumumkan di CES 2019. Ada 3 graphics card GeForce RTX 2060 yang ditampilkan ASUS, yaitu ASUS Turbo GeForce RTX 2060, SDUD Dual GeForce RTX 2060, dan ROG Strix GeForce 2060. Ketiganya tentu saja menggunakan desain khusus dari ASUS, dan hadir dengan segmen pasar masing-masing.

Motherboard High-End untuk PC “Extreme”

Beralih ke motherboard, ASUS menampilkan dua motherboard kelas atas, ROG Zenith Extreme Alpha dan Rampage VI Extreme Omega. Zenith Extreme Alpha merupakan motherboard dengan chipset AMD X399, sedang Rampage VI Extreme Omega merupakan motherboard dengan chipset Intel X299. Keduanya diposisikan untuk kelas tertinggi di PC desktop, untuk pengguna yang ingin memakai prosesor HEDT, baik dari AMD maupun Intel. Selain kedua motherboard itu, ASUS juga menampilkan motherboard yang mereka sebut sebagai ROG Dominus Extreme.

Sebuah sistem dengan ROG Dominus Extreme

Motherboard ROG Dominus Extreme ini merupakan motherboard LGA 3647 untuk mendukung Xeon W-3175X, prosesor Xeon overclockable yang diperkenalkan Intel di New York, AS, beberapa bulan lalu. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran 14″ x 14″, dengan 12 slot RAM, 2 DIMM.2, serta 4 PCIe 3.0 x16. ROG Dominus Extreme ini disiapkan untuk sebuah sistem monster yang siap digunakan untuk pengguna dengan kebutuhan tertentu.

Gaming Gear Pink!

Hal menarik lain yang kami jumpai di ruang pameran ASUS adalah jajaran gaming gear baru mereka, yang hadir dengan warna pink. Pilihan warna pink ini ditujukan untuk menarik perhatian gamer perempuan, di mana pink adalah salah satu warna yang umumnya disukai perempuan. Gaming gear pink yang disiapkan ASUS adalah keyboard ROG Strix Flare, headset ROG Strix Fusion 300, mouse ROG Gladius II Origin, dan mousepad ROG Sheath.

Selain jajaran gaming gear yang disebut ASUS sebagai ROG PNK LTD tersebut, ASUS juga menampilkan keyboard ROG Strix CTRL, yang merupakan keyboard full size dengan dimensi ringkas, dengan Cherry MX RGB. Ada juga mouse ROG Strix Carry, yang merupakan mouse ringan untuk kebutuhan mobilitas tinggi seorang gamer. Terakhir, ada ROG Chariot, sebuah kursi gaming dengan memory foam yang nyaman untuk gamer, dengan RGB lighting.

Ragam Komponen Baru

ASUS juga menampilkan beberapa komponen baru mereka yang lain, seperti salah satunya adalah watercooling ROG Strix AIO. Terdapat dua varian ROG Strix AIO, yaitu dengan radiator 120 mm dan 240 mm, yang hadir dengan logo khas ASUS ROG dengan backlight RGB LED. Kedua varian ini ditawarkan sebagai solusi yang lebih terjangkau dari ROG Ryuo, yang diperkenalkan ASUS di Computex 2018 lalu. Kedua perangkat watercooling AIO baru itu mengusung desain dan spesifikasi serupa dengan ROG Ryuo, tetapi tanpa display di bagian waterblock/pump.

Ada juga beberapa router, termasuk router gaming baru untuk kelas yang lebih terjangkau dari ROG Rapture GT-AC5300, yaitu ROG Rapture GT-AC2900. Satu hal yang menarik, ASUS menyebutkan ada fitur khusus di router ROG Rapture GT-AC2900 itu yang ditujukan untuk optimasi GeForce Now. Router WiFi AX juga ditampilkan ASUS, di antaranya ROG Rapture GT-AX11000, serta sistem AX6100.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES