in: Motherboard | January 16, 2019 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard ECS H310H5-M2

Kesimpulan

Menghadirkan sebuah motherboard dengan chipset H310, ECS menawarkan H310H5-M2 sebagai motherboard entry untuk platform Intel Core i 8th Gen/9th Gen series. Fitur-fitur yang ditawarkan motherboard ini sendiri terasa sangat minim untuk sebuah sistem modern di tahun 2018 ini, seperti motherboard ini hanya hadir dengan 2 buah UBS 3.0 pada I/O backpanel. Kemudian juga, motherboard ini tidak memiliki dukungan M.2.

Jenis display output yang ditawarkan motherboard ini adalah HDMI dan VGA. Opsi ini sudah cukup mencakup hampir seluruh kebutuhan pengguna yang ingin memanfaatkan integrated graphics dari Intel Core yang digunakan, bila prosesor yang digunakan menawarkannya.

ECS H310H5-M2 hadir dengan jumlah konektivitas storage SATA III 6 Gbps adalah 4 buah, lebih dari cukup untuk sebuah motherboard M-ATX.

Untuk VRM (Voltage Regulator Module), motherboard ini hadir dengan konfigurasi 4 phase (3 CPU + 1 IGP). Berdasarkan website ECS, motherboard ini memiliki dukungan hingga Intel Core i7-8700 dengan TDP 65 Watt. Tentunya, jika Anda ingin menjalankan prosesor K series Anda seharusnya mempertimbangkan motherboard lain yang lebih baik. Dengan konfigurasi VRM seperti ini, menjalankan CPU dengan TDP 65 Watt nampaknya sudah merupakan batas atas motherboard ini. Penggunaan CPU cooler dengan tipe tower heatsink juga dapat membantu memberikan sedikit airflow kepada mosfet VRM motherboard ini.

Pada sisi audio, ALC662 yang diberikan oleh ECS untuk motherboard ini tampak salah satu pertimbangan memangkas harga motherboard ini. Sangat dimaklumkan untuk sebuah motherboard H310 chipset audio yang digunakan juga merupakan kelas low-end.

Akhir kata, jika Anda memerlukan sebuah motherboard dengan dukungan Intel Core i 8th Gen/9th Gen dengan harga sangat terjangkau, Anda dapat memilih motherboard ini. Namun jika Anda membutuhkan motherboard dengan fitur M.2, slot SATA III lebih dari 4, dukungan VRM yang lebih baik dan ingin menjalankan prosesor Intel Core K-Series, Anda tentunya lebih baik untuk memilih motherboard lain. Saat ini sendiri kami merasa kehadiran chipset H310 tidak memberikan dampak apapun, karena chipset B360 memiliki harga yang hampir sama dengan H310. Di motherboard B360 sendiri Anda mendapatkan fitur yang jauh lebih baik seperti M.2 slot, CNVi Wi-Fi, slot memori lebih dari 2, dan USB Port yang lebih banyak.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES