in: Motherboard | January 16, 2019 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard ECS H310H5-M2

Motherboard dengan chipset Intel H310, yang merupakan bagian dari chipset mainstream untuk platform Intel Core i 8th Gen, di awal 2018 lalu sempat menjadi perbincangan panas. Hal itu dikarenakan chipset H310 ini dapat dikatakan sama dengan H110, dan harga dari chipset H310 terlalu dekat dengan chipset B360. Walaupun begitu, motherboard H310 tetaplah dibutuhkan untuk meracik suatu sistem berbasis prosesor Core 8th Gen. atau 9th Gen. dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami kedatangan sebuah motherboard dengan chipset Intel H310 tersebut, yaitu produk dari ECS.

ECS, yang beberapa tahun belakangan ini banyak menawarkan motherboard value oriented, mengirimkan motherboard H310H5-M2. Motherboard ini merupakan salah satu yang ditawarkan ECS untuk Core 8th. Gen dan 9th Gen., dan untuk sejauh ini mereka memang hanya menawarkan motherboard dengan chipset H310 dan B360. Terlihat juga, dari desain motherboard mereka, jajaran motherboard mereka lebih diarahkan ke kebutuhan budget build.

Mari kita mulai hands-on motherboard ECS H310H5-M2 ini!

Paket Penjualan

Box yang ditawarkan ECS untuk H310H5-M2 terlihat sangat sederhana. Tampilan luar box ini hanya menunjukkan warna dasar biru tua doff dengan beberapa titik-titik putih seperti lampu. Tidak ada yang spesial dari box ini.

Di bagian belakang box, terdapat informasi fitur utama yang ditawarkan motherboard ini. Hal ini sama seperti motherboard lain pada umumnya. Selain itu, ada juga logo Durathon 2, yang merupakan set komponen dan fitur yang menjadi inti dari motherboard ECS H310H5-M2 ini.

Kami membuka box motherboard ECS H310H5-M2. Terlihat motherboard ini datang di dalam anti-static bag dan dilindungi dengan karton putih pada sisi-sisi nya.

Paket penjualan yang ditawarkan oleh ECS H310H5-M2 sangat identik dengan motherboard value oriented. Paket penjualan yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  • Manual Book
  • CD Driver
  • 2x SATA III 6Gbps cable
  • I/O Shield
  • Warranty Card
  • Sticker HDMI

Tampilan Fisik

ECS H310H5-M2 hadir dengan form factor M-ATX (190 mm x 170 mm). Namun, ukuran M-ATX di motherboard ini sendiri sedikit lebih kecil dibandingkan M-ATX umumnya, yang memilliki ukuran 244 mm x 244 mm. ECS juga memberikan PCB bewarna coklat glossy. Seluruh soket yang terdapat d iatas PCB diberikan warna hitam.

Motherboard ECS H310H5-M2 ini terlihat sangat ramping. Sebagai motherboard dengan chipset H310, tentunya kami tidak dapat mengharapkan adanya kehadiran heatsink untuk VRM. Trend seperti ini masih tidak berubah sejak motherboard H110.

Satu-satunya komponen yang mendapatkan heatsink di motherboard ini adalah bagian PCH. Heatsink yang digunakan dapat dikatakan sangatlah generic. Ukurannya pun terbilang kecil, seperti yang umum ditemui di motherboard value oriented lain.

Di balik heatsink PCH, digunakan thermal pad untuk menghantarkan panas dari chipset H310 ke heatsink. Seperti yang sudah disebutkan di atas, terdapat chipset Intel H310 di balik heatsink itu. Kami merasa bahwa chipset yang digunakan pada motherboard ini menggunakan fabrikasi 14nm, dengan melihat dari ukuranya.

Sebagai motherboard dengan chipset H310, ECS H310H5-M2 hanya akan mendapatkan memory dual channel 2DIMM memory slot, atau 1 DIMM per channel. Slot DIMM yang terdapat pada motherboard ini bewarna hitam dengan pengunci bewarna putih.

Untuk pasokan daya motherboard, ECS H310H5-M2 menggunakan 24-pin ATX dan 4-pin ATX-12v CPU. Peletakan konektor 24 pin ini berada tepat di tengah sisi kiri motherboard ini. Dan 4-pin ATX-12v berada di atas kiri dan tepat berada di belakang I/O backpanel.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES