in: Features - Highlights - Processors | January 21, 2019 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Review Intel Core i9-9980XE

Uji Performa: Real World Application

Berikutnya, kami memilih beberapa benchmark dengan fokus ke performa untuk produktivitas. Benchmark yang dipilih akan menggambarkan performa dari sistem dalam kaitannya dengan berbagai kebutuhan untuk produktivitas, termasuk 3D renderingimage resizing, dan file compression. Berikut ini hasil pengujian kami:

Blender 2.78a + Blenchmark 1.0.6

Blender dikenal sebagai aplikasi 3D modeling yang gratis dan juga open source. Kami menggunakan aplikasi ini untuk menguji performa prosesor dalam melakukan render pada objek 3D. Hasil pengujian disajikan dalam satuan waktu yaitu detik. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin baik. Untuk workload-nya sendiri, kami menggunakan Blenchmark 1.0.6 (Blenchmark.com)

7-Zip

7-Zip merupakan aplikasi freeware popular yang digunakan untuk melakukan kompresi kepada file yang diinginkan untuk memperoleh ukuran file yang lebih kecil. Tool kompresi file yang satu ini memiliki kemampuan scaling multicore. Di aplikasi ini Anda dapat memilih konfigurasi kompresi seperti apa yang Anda inginkan, dan juga Anda dapat memilih berapa thread dari prosesor Anda yang akan digunakan untuk melakukan kompresi. Skenario test kami adalah melakukan compression adalah LZMA, Normal Compression. Indikasi performa yang digunakan adalah seberapa cepat prosesor yang digunakan menyelesaikan kompresi.

FSResizer

FSResizer merupakan aplikasi freeware yang umum untuk digunakan melakukan batch image conversion/rename/resize yang mendukung berbagai format. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memberi watermark di suatu gambar. Aplikasi ini sendiri bekerja dengan menuntut kemampuan single-threaded dari suatu prosesor. Di pengujian ini kami akan mengubah 100 file JPEG dengan ukuran 3 MB ~ 6 MB menjadi file JPG kecil dengan standar ukuran 500 pixel. Indikasi performa yang digunakan adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan konversi JPEG tersebut, semakin cepat maka semakin baik.

Uji Performa: Gaming

Ashes of The Singularity 

Game Settings

Final Fantasy XV Benchmark

Game Settings

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES