in: Display - Highlights | January 18, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Monitor: Acer KG271

The Monitor

Acer KG271 merupakan monitor LCD yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para gamer. Monitor gaming dari Acer yang satu ini hadir dengan layar berukuran 27 inci yang tentunya mampu menampilkan tampilan lebih luas. Selain itu, refresh rate yang ditawarkan monitor Acer KG271 ini mencapai hingga 144Hz. Dengan kombinasi ukuran layar dan resolusi yang dimilikinya, monitor ini memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 81,59 PPI (Pixel Per Inch). Untuk aspect ratio, Acer KG271 dengan layar 27 inci tentu saja monitor ini memiliki rasio aspek 16:9.

Panel yang digunakan oleh Acer KG271 ini adalah TN (Twisted Nematic) dengan kemampuan reproduksi warna hingga 16.7 juta warna. Untuk viewangle-nya, Acer KG271 ini memiliki sudut pandang penglihatan 170 derajat untuk horizontal dan 160 derajat untuk vertical. Penggunaan panel TN membuat Acer KG271 ini memiliki tingkat response-time tinggi mencapai 1 miliseconds (Grey-to-Grey). Tingkat response yang mencapai 1ms pada monitor ini bisa dikatakan wajar karena penggunaan panel TN. Namun, dukungan refresh rate 144Hz yang dimiliki monitor membuat Acer KG271 sangat cocok ditujukan untuk para gamer yang sudah berkecimpung di dunia professional eSports yang memainkan game bergenre FPS (First Person Shooter). Tidak hanya itu, Acer KG271 juga turut didukung pula oleh AMD FreeSync, yang tentunya fitur ini dapat meredam terjadinya gejala screen tearing dan stuttering saat dalam menangani adegan gerakan cepat pada game.

Soal desain, Acer KG271 bisa dikatakan memiliki tampilan yang sederhana tetapi tetap memiliki kesan sebagai desain monitor gaming berkat perpaduan warna hitam pada sekujur body monitor dan warna merah pada kaki penyangga berbentuk huruf V. Monitor dengan bobot sekitar 5.3 kg ini memiliki desain kaki penyangga yang mampu menopang layar Acer KG271 berukuran 27” dengan baik dan stabil. Desain kaki penyangga monitor ini mengizinkan pengaturan posisi kemiringan layar dengan sudut 15 derajat ke arah belakang dan -5 derajat ke arah depan.

 

15 derajat miring ke belakang
-5 derajat miring ke depan

 

Penyangga kaki berbentuk V sangat baik dalam menopang layar Acer KG271 berukuran 27 inci.

Pada ketiga sisi layar (kiri, kanan dan atas), Acer KG271 ini mengusung desain frame yang tipis. Meski masih terlihat area hitam dipinggir layarnya, monitor ini mampu memberikan kesan virtual yang baik dan cukup asyik saat digunakan bermain game atau menonton film. Selain itu, permukaan layar non-glossy yang diusung monitor ini tidak akan memantulkan bayangan dan tentunya bisa memberikan kenyamanan lebih ketika digunakan. Monitor ini juga dilengkapi dengan dua speaker internal dengan kemampuan 2 Watt RMS.

Permukaan layarnya non-glossy

Beralih ke bagian belakang monitor, tepatnya akan kehadiran konektor yang tersaji pada Acer KG271 ini, terolong cukup komplit. Anda bisa menemukan beberapa konektor esensial monitor pada umumnya seperti 1x port HDMI, 1x port DisplayPort, 1x DVI-D In, Jack 3.5mm audio in dan headphone, serta tentu saja konektor power monitor. Masih seputar bagian belakang monitor Acer KG271, sang produsen juga menyematkan VESA mount standard 100 x 100 yang bisa Anda manfaatkan untuk memasang monitor ini di dinding.

Konektor yang tersedia pada Acer KG271
Konektor Power

 

Vesa Mount 100 x 100
Rangkaian tombol menu di kanan depan bagian bawah

Rangkaian tombol operasional Acer KG271 diletakkan pada sisi kanan bawah. Pengoperasian tombol tidak terlampau sulit karena Anda bisa melihat langsung tombol-tombol pengaturan tersebut, walaupun pada awalnya akan dibutuhkan sedikit adaptasi pada saat menggunakannya untuk pertama kali.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES