NVIDIA Umumkan G-SYNC Compatible Monitor : G-SYNC pada Monitor “Freesync”

Reading time:
January 7, 2019
Gsync Freesync 0B

Sebuah pengumuman menghebohkan terjadi pada CES 2019: NVIDIA mengumumkan bahwa teknologi G-SYNC mereka sekarang akan bekerja pada sebagian besar monitor yang mendukung VESA Adaptive-Sync Technology (a.k.a ‘Freesync’), membuat makin banyak pengguna bisa menikmati fitur ini. Berikut ini penjelasan mengapa pengumuman ini begitu mengejutkan – mari simak bersama!

 

G-SYNC: Implementasi Variable Refresh Rate(VRR), Hindari Screen Tearing dan Minim Input Lag

Gsync Freesync 3
Contoh Screen Tearing (original image: wikipedia)

PC Gamer sudah lama mengalami masalah screen tearing, yang umum terjadi salah satunya karena framerate di game lebih tinggi dengan display refresh rate. Tearing ini bisa diminimasi dengan menyalakan Vertical Sync (VSync) yang akan mensinkronkan framerate game dengan display refresh pada monitor, namun VSync ini berpotensi menurunkan baik framerate game, dan VSync juga berpotensi menambahkan input lag (sederhananya, input lag adalah jarak antara klik pada mouse ke respon di monitor). Pada skenario ini, gamer harus memilih antara menghilangkan tearing namun input lag dan framerate-nya terganggu, atau mendapat input lag minimal dan framerate maksimal namun mendapat tearing.

Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan sebuah teknologi yang mengizinkan monitor/display yang dapat menggunakan variable refresh-rate (VRR), menyesuaikan refresh rate monitor ke Framerate/FPS pada game, bukan sebaliknya. Beberapa tahun lalu, NVIDIA mulai mengimplementasikan teknologi Variable Refresh Rate(VRR) buatan mereka, yang dinamakan G-SYNC.

 

G-SYNC: Variable Refresh Rate Premium, Butuh Hardware Spesifik

Gsync Freesync 2

Pada kemunculan-nya tahun 2013 lalu, G-SYNC langsung mendapat sekian banyak pujian karena memberikan pengalaman gaming yang smooth, stutter-free, dan minim input lag. Sayangnya, teknologi G-SYNC ini membutuhkan syarat spesifik:

  1. GPU NVIDIA
  2. Monitor yang mendukung standar G-SYNC (dengan tambahan hardware khusus)

Dua buah persyaratan ini sedikit banyak-nya memberi limitasi banyak pengguna untuk menikmati teknologi G-SYNC, karena umumnya monitor G-SYNC akan memiliki harga relatif premium. Belum lagi, pengguna GPU AMD Radeon pastinya tidak bisa menikmati teknologi ini.

 

VESA Adaptive Sync (a.k.a ‘Freesync’): Alternatif Variable Refresh Rate Murah dan Terjangkau

AMDFreeSync

Tahun 2014, AMD mengumumkan implementasi Variabel Refresh Rate mereka yang menggunakan VESA Adaptive Sync Protocol, sebagai bagian dari Display Port 1.2 spec (dan beberapa tahun berikutnya juga diimplementasikan pada HDMI). VESA Adaptive-Sync merupakan sebuah Open Standard yang royalty-free serta tidak membutuhkan modul khusus, ini menjadikan solusi VRR dari AMD jauh lebih terjangkau dan juga lebih mudah diimplementasikan.

Di sini ‘Freesync‘ lahir dan menjadi satu bagian dari fitur yang disupport AMD (salah satu hal lucu disini, ‘ongkos’ implementasi VRR di AMD ini ‘Gratis’, sesuai dengan namanya: Freesync)

Beberapa tahun setelah standar Freesync diumumkan, nampaknya dukungan dari industrinya begitu massive, dan menghasilkan ratusan monitor dari kelas value hingga kelas mewah, dengan berbagai resolusi dan range refresh rate, untuk mendukung Freesync.

Daftar monitor yang mendukung Freesync dapat dilihat pada link berikut ini

Gsync Freesync 4
Freesync – disupport ratusan model monitor

 

NVIDIA di 2019: Akhirnya dukung ‘Freesync’ dengan “G-SYNC Compatible Monitors”

Gsync Freesync 0

NVIDIA, pada blog mereka hari ini mengumumkan bahwa mereka memutuskan untuk melakukan ekspansi pada lini G-SYNC-nya, dengan mengizinkan Variable Refresh Rate(VRR) untuk dijalankan pada monitor dengan kemampuan VESA Adaptive-Sync. Ya, NVIDIA secara tidak langsung mengatakan bahwa mereka akan mendukung Monitor Freesync 🙂

Berikut statement dari NVIDIA:

“There are hundreds of monitor models available capable of variable refresh rates (VRR) using the VESA DisplayPort Adaptive-Sync protocol. However, the VRR gaming experience can vary widely.

To improve the experience for gamers, NVIDIA will test monitors. Those that pass our validation tests will be G-SYNC Compatible and enabled by default in the GeForce driver.

G-SYNC Compatible tests will identify monitors that deliver a baseline VRR experience on GeForce RTX 20-series and GeForce GTX 10-series graphics cards, and activate their VRR features automatically.

Support for G-SYNC Compatible monitors will begin Jan. 15 with the launch of our first 2019 Game Ready driver. Already, 12 monitors have been validated as G-SYNC Compatible (from the 400 we have tested so far). We’ll continue to test monitors and update our support list. For gamers who have monitors that we have not yet tested, or that have failed validation, we’ll give you an option to manually enable VRR, too.”

 

NVIDIA nampaknya mengakui bahwa ekosistem Freesync sudah menghasilkan ratusan monitor yang sanggup menjalankan fitur VRR (dan jumlah monitor Freesync JAUH lebih banyak dari monitor yang mendukung G-SYNC). Namun demikian, NVIDIA masih menimbang bahwa gaming experience pada beberapa monitor Freesync ini akan bervariasi, tidak seperti standar G-SYNC yang umumnya sudah optimal bagi user.

Untuk itu, NVIDIA berencana untuk menguji sebagian besar monitor Freesync yang ada di pasar, lalu monitor Freesync yang lolos pengujian ini akan dilabel sebagai “G-SYNC Compatible” dan fitur Variable Refresh Rate tersebut akan jalan secara default dari driver.

Support ini akan datang pada driver yang nanti rencananya rilis pada 15 Januari 2019, dan sampai saat ini sudah ada 12 Monitor Freesync yang divalidasi sebagai G-SYNC Compatible (salah satunya cukup kami kenal, seperti ASUS MG278Q 1440p ini)

Gsync Freesync 1

Lalu bagaimana dengan monitor Freesync yang belum lolos pengujian? NVIDIA mengatakan bahwa mereka akan memberi penggunanya opsi untuk menyalakan Variable Refresh Rate manual, walau experience-nya belum tentu sesuai dengan standar NVIDIA.

 

 

G-SYNC Ultimate: Kualitas Tertinggi

Gsync Freesync 5

Tentu, untuk memastikan bahwa standar G-SYNC mereka tetap memberikan pengalaman display premium, mereka juga mengumumkan sebuah standar baru yakni G-SYNC Ultimate, dengan kualitas visual tertinggi, dengan berbagai tambahan seperti variable overdrive, refresh rate overclocking, ultra-low motion blur dan dukungan HDR.

 

Dukungan NVIDIA untuk menjalankan Variable Refresh Rate pada monitor Freesync ini tentunya membuat teknologi VRR lebih bisa dijangkau banyak user, terutama pengguna GPU NVIDIA yang selama ini belum mampu membeli monitor G-SYNC yang relatif mahal. Good job, NVIDIA!

 

Sumber:

Blog NVIDIA

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…