in: News | January 29, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Pabrik TSMC Terkontaminasi Kimia: Produksi Chip NVIDIA & AMD Terganggu

Salah satu fasilitas produksi milik TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) dikabarkan mengalami masalah. Fasilitas produksi tersebut adalah Fab. 14B, yang terletak di Tainan, Taiwan. Dilaporkan, terjadi masalah kontaminasi kimia yang membuat banyak sekali chip hasil produksi TSMC, pesanan beberapa perusahaan ternama dunia, menjadi tidak layak pakai!

Masalah Kontaminasi Kimia yang Tidak Sesuai Standar Kualitas

Disebutkan wafer 300 nm hasil produksi antara 3 – 10 hari bisa saja bermasalah karena kontaminasi kimia ini. Itu berarti kurang lebih 10000 hingga 30000 wafer silikon bisa saja bermasalah, yang membuat sebagian besar chip yang dihasilkan dari wafer-wafer itu tidak bisa digunakan. Sejauh ini, belum diketahui secara rinci berapa besar dampak kontaminasi kimia ini secara pasti.

TSMC sempat menyebutkan bahwa masalah ini disebabkan oleh penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai dengan standar. Belum diketahui seberapa besar pengaruh dari penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai dengan standar itu, dan TSMC harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah semua wafer tidak layak pakai atau ada yang masih sesuai dengan standar kualitas. Sementara, Fab. 14B tersebut disebut dihentikan operasinya untuk memperbaiki masalah kontaminasi kimia ini.

Fasilitas Produksi untuk Chip NVIDIA, AMD, MediaTek, dan HiSilicon

Fab 14B sendiri merupakan fasilitas produksi untuk wafer 300 mm dengan litografi 12 nm, 14 nm, dan 16 nm. Beberapa perusahaan ternama disebut memproduksi chip mereka di fasilitas produksi tersebut, termasuk di antaranya NVIDIA, AMD, MediaTek, dan HiSilicon. Untuk NVIDIA, Fab. 14B ini disebut memproduksi GPU, tetapi belum diketahui apakah GPU Turing juga diproduksi di sini, sementara untuk AMD fasilitas produksi ini memproduksi custom chip untuk console. Belum diketahui apakah dampak dari kontaminasi kimia ini akan mempengaruhi ketersediaan chip dari perusahaan-perusahaan tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES