in: News | January 9, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Project Athena: Inovasi untuk Laptop yang Lebih Baik Lagi

Masih dari rangkaian pengumuman menarik Intel di CES 2019, pameran teknologi terbesar dunia yang tengah digelar di Las Vegas, AS. Di keynote mereka, Intel mengumumkan apa yang disebut sebagai Project Athena. Ini adalah inisiatif untuk laptop yang lebih baik lagi, mendukung penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan, dengan respon cepat siap pakai, serta kemampuan adaptasi yang baik. Beberapa perusahaan sudah mengikuti inisiatif ini, dan produk laptop yang lebih baik lagi tersebut sudah bisa dirasakan kegunaannya di tahun 2019 ini!

Gregory Bryant, dari Intel, saat mengumumkan Project Athena.

Syarat Spesifikasi yang Terus Berkembang

Project Athena ini dirancang dengan tujuan untuk menghadirkan laptop yang bisa mendukung penggunanya melakukan berbagai kegiatan, sehingga syarat spesifikasinya pun akan terus berkembang, menyesuaikan diri dengan kebutuhan yang ada. Namun, Intel menyebutkan bahwa laptop Project Athena akan menawarkan performa tinggi di kelasnya, dengan daya tahan baterai yang tinggi juga, konektivitas mumpuni, desain yang menarik, serta ukuran yang ringkas. Hal-hal tersebut memberikan indikasi bahwa Project Athena ini akan menjadi “penerus” dari Ultrabook, inisiatif untuk laptop kencang dan ringkas yang digagas Intel beberapa tahun lalu.

Intel menyebutkan bahwa laptop Project Athena ini ditargetkan untuk bisa memenuhi kebutuhan pengguna akan performa sesuai benchmark tertentu, yang menjadi indikator tingkat kebutuhan performa seseorang. Tentunya, kebutuhan itu ditentukan dari satu proses panjang, untuk mengetahui kebutuhan pengguna akhir, dan diterjemahkan Intel ke suatu syarat spesifikasi untuk diikuti oleh produsen laptop. Nantinya, produsen laptop bisa mengajukan produk mereka ke Intel, untuk mendapatkan sertifikasi khusus yang menandakan laptop sesuai dengan Project Athena ini.

Bukan Cuma Windows 10

Satu hal yang sangat menarik, Intel bukan hanya menyiapkan Project Athena ini untuk laptop “umum” dengan sistem operasi Windows 10 saja. Mereka juga menyebutkan bahwa standar juga akan disiapkan untuk Chromebook. Jadi, Project Athena ini tampaknya akan mencakup perangkat yang lebih banyak, lebih menjangkau kebutuhan banyak pengguna.

Integrasi dengan Teknologi Kekinian

Selain memastikan performa yang memadai, Intel juga menyertakan berbagai teknologi “kekinian” sebagai syarat untuk laptop Project Athena. Mereka menyebutkan bahwa 5G dan AI akan jadi hal yang bisa dijumpai di laptop Project Athena nanti. Kedua teknologi “kekinian” tersebut seharusnya akan bisa mendorong pengguna untuk merasakan manfaat langsung dari suatu hal terkini untuk berbagai aspek yang mereka butuhkan.

Siap di Paruh Kedua Tahun Ini!

Intel tampaknya akan mengumumkan lebih banyak hal terkait Project Athena ini, termasuk mungkin juga nama “resmi” yang akan digunakannya. Namun, pengumuman tersebut seharusnya akan hadir dalam waktu dekat ini, karena Intel menargetkan inisiatif ini harus sudah mulai bisa dirasakan manfaatnya di paruh kedua tahun 2019 ini. Jadi, produsen laptop akan mulai mengumumkan produk mereka yang mengikuti inisiatif ini  dalam beberapa bulan ke depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES